Kriminal

Andi Arief: For All, Terutama Cebong: Saya Tak Tersangka Hanya Terperiksa

Politikus Partai Demokrat Andi Arief

Andi Arief kembali berkicau di Twitter. Andi mengatakan, hukum tidak menyatakan dirinya melakukan tindakan kriminal.

Pernyataan tersebut disampaikan Andi Arief melalui akun Twitter-nya @AndiArief__. Andi Arief mengatakan kepada cebong sebutan untuk pendukung Joko Widodo, bahwa dirinya bukan tersangka terkait kasus narkoba jenis sabu yang menjeratnya, melainkan terperiksa. 

“For all, terutama cebong: saya tidak tersangka, hanya terperiksa. Apa yg saya alami tidak pro justisia. Hukum tidak menyatakan saya melakukan tindakan kriminal,” tulis Andi, Sabtu (9/3/2019).

BACA JUGA: Polisi: Kasus Andi Arief Dihentikan karena Tak Ada Barang Bukti Narkoba

Politisi Partai Demokrat (PD) itu juga memposting foto dirinya saat berada di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (8/3/2019) kemarin.

Dalam keterangan foto, Andi Arief menyebut di RSKO tengah menjalani pemeriksaan urine. Andi Arief memposting empat foto. Satu dari tiga foto memperlihatkan gambar lembar hasil laboratorium untuk Andi Arief di RSKO, Jakarta Timur. Drug test dengan spesimen urine itu diambil pada Jumat (8/3/2019) pukul 15.30 hingga 16.00 WIB.

Hasilnya, urine Andi Arief dinyatakan negatif mengandung zat benzodiazepine, cannabis, opiate, amphetamine, dan MDMA. Pemeriksaan itu menggunakan metode rapid chromatographie immunoassay (skrining test). Andi Arief mengaku akan datang ke RSKO kembali pada Selasa mendatang untuk menjalani pemeriksaan darah. 

BACA JUGA: Gerindra: Andi Arief Korban Kegagalan Pemerintah Jokowi Memberantas Narkoba

Polri pun telah menegaskan penangkapan Andi Arief terkait kasus sabu tidak naik ke tingkat penyidikan. Penanganan Andi Arief dilakukan dengan asesmen dan rehabilitasi di BNN.

Postingan Andi Arief mendapat beragam komentar dari warganet. Beberapa pihak menyemangati mantan staf khusus presiden era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono itu. 

“Tetap kritis bang jangan terbungkam oleh kasusmu,” tulis akun @Kelipurlara2.

“Semoga momen kejadian ini akan membawa hikmah yg baik dalam menata kehidupan pribadi maupun keluarga utk kesuksesan karir politik bang @AndiArief__  kedepan,” timpal akun @sar_alka.

Selain itu, ada warganet yang ingin Andi Arief menjaga lisannya. Serta menjaga nama baik Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

“Makanya situ itu oposisi diincar kesalahannya… Hati hati bro bersikap. Jaga harga diri bapake,” pungkas akun @mashudi_iyus.[]

Diberitakan sebelumnya, Andi Arief ditangkap di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, sekitar pukul 18.30, Minggu (3/3).

Dari kamar hotel, polisi menemukan sejumlah barang bukti terkait pemakaian narkoba. Di kamar itu juga ada seorang perempuan berinisial R alias L.

Sedangkan untuk hasil tes urine, Andi Arief dinyatakan positif mengonsumsi sabu. Perempuan yang bersama Andi juga dites urine, tapi hasilnya negatif.