Teknologi

Akun Ustaz Somad Di-suspend, Kominfo Langsung Turun Tangan

Gedung Kominfo Jakarta

Jurnalindonesia.co.id – Akun Ustaz Abdul Somad kena suspend oleh Instagram selama beberapa jam pada Minggu (25/2) siang kemarin. Saat pemblokiran tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku langsung turun tangan dengan meminta penjelasan ke pihak penyedia terkait masalah tersebut.

“Kita sudah ngecek ke FB (Facebook,-red) kalau sudah ada penjelasan dari FB atau Instagram, nanti kita sampaikan,” ujar Plt Kepala Biro Humas Setjen Kominfo Noor Iza kepada detikcom, Minggu (25/2/2018).

Noor mengatakan Kominfo langsung meminta penjelasan pihak Instagram setelah mengetahui adanya suspend akun milik ustaz asal Riau tersebut. Hingga kini, kata Noor, masih menunggu jawaban pihak Instagram.

“Komunikasinya sama (antara IG dan FB), dari tadi siang ketika kita tahu suspend kita cek ke FB ada apa. Kenapa di-suspend, langsung kita tanyakan. Pak Dirjen, Pak Sami saat ini masih menunggu jawaban,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, saat ini pihak Instagram masih melakukan investigasi terkait pemblokiran akun Ustaz Somad. Menurutnya, pihak Instagram akan memberikan penjelasan langsung terkait masalah ini.

“Mereka sekarang sedang lakukan investigasi. Nanti yang jawab Facebook. Iya dong (mereka yang langsung melakukan penjelasan),” ujar pria yang akrab disapa Semmy ini, Senin (26/2/2018).

Semmy mengatakan juga sempat menanyakan terkait akun Somad yang di-suspend. Semmy mengatakan penanganan akun seseorang untuk di-suspend atau dinormalisasi jadi kewenangan pihak platform (Instagram).

“Waktu itu saya dapat laporan, saya ingin tahu juga. Saya tanya, katanya mereka lagi lakukan investigasi. Kemudian beberapa jam kemudian (dinormalisasi). Karena kan yang punya hak untuk suspend dan normalisasi mereka,” ujarnya.

“Itu biasanya terkait dengan agreement dan sistem standard comnunity mereka. Itu semua ada di mereka,” sambung Semmy.

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan (Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan)

Dia mengatakan dalam kasus ini pemerintah tak menagih penjelasan dari Instagram. Pemerintah ikut terlibat jika terjadi pelanggaran hukum.

“Kalau kami yang ajukan, selalu terdaftar. Tak mungkin kami tak terdaftar. Dan pelanggarannya pelanggaran hukum. Jadi itu beberapa jam kemudian kembali dinormalisasi. Kalau pemerintah yang minta, selalu hasilnya nanti kita berikan penjelasan di website kita,” ujar Semmy.

Meskipun saat ini akun Instagram Ustaz Somad sudah kembali aktif, namun pihak pengacara, Kapitra Ampera, tetap menunggu penjelasan dari Instagram. Hal ini untuk mengetahui alasan dan siapa yang menginisiasi pemblokiran akun tersebut.

“Iya sudah aktif lagi sejak semalam. Saya kan juga sudah bilang ke Menkominfo soal itu,” kata kuasa hukum Ustaz Somad, Kapitra, Senin (26/2/2018).

“Pertama, soal alasannya. Kedua, siapa yang memintanya. Dan ketiga yang saya tanyakan ke Instagram adalah aturan apa yang dilanggar,” ujar Kapitra.

Kapitra menanyakan kenapa justru akun Ustaz Somad yang di-suspend, sementara banyak akun Instagram lainnya yang, menurut Kapitra, jelas-jelas melakukan pelanggaran tapi tak ditindak.

“Banyak sekali akun-akun yang menyebarkan kebencian, fitnah kepada ulama yang dibiarkan begitu saja. Seharusnya akun-akun itu yang di-banned,” ujar Kapitra.

Baca: Meski Akun Ustaz Somad Sudah Aktif Lagi, Pengacara Tetap Tunggu Penjelasan Instagram

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pun mengecam pemblokiran akun ini.

Bahkan Fahri mendesak Komisi I DPR untuk segera memanggil Instagram.

“Komisi 1 harus panggil @instagram dan minta klarifikasi…komisi 1 @DPR_RI dibawah Kordinasi pak @fadlizon,” kata Fahri lewat akun Twitternya, @Fahrihamzah, Minggu (25/2/2018).

Baca selengkapnya: Akun Ustaz Somad Diblokir, Fahri Ngamuk dan Minta DPR Panggil Instagram