Nasional

Ahok Kalah, Bangunan Liar di Pasar Ikan Kembali Bermunculan

Pasar Ikan dan Kampung Luar Batang
Bangunan liar yang berdiri di Kawasan Pasar Ikan dan Kampung Luar Batang semakin banyak. (Foto: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Jurnalindonesia.id – Bangunan liar di kawasan Pasar Ikan, Jakarta Utara, bermunculan kembali setelah sebelumnya dibongkar atas perintah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Berdasarkan pantauan pada, Rabu (26/4/2017), bangunan-bangunan liar tersebut sengaja dibangun warga sebab mereka yakin Ahok sudah tidak akan lagi mengusik area Revitalisasi Kawasan Wisata Bahari Sunda Kelapa itu.

Juga, menurut mereka, pemenang Pilkada 2017, yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno sudah berjanji akan mensejahterakan warga di Kampung Luar Batang, Kampung Akuarium, dan Pasar Ikan.

Mereka bahkan yakin pasangan Anies-Sandi akan membangun wilayah itu seperti sedia kala setelah resmi menjabat gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

“Kami yakin Pak, dengan terpilihnya Pak Anies dan Pak Sandi, enggak mungkin hunian yang kami susah payah bangun kembali ini bakalan dirubuhin lagi kayak si Ahok,” ujar warga Kampung Akuarium, Adi (40).

“Kami makanya di sini percaya diri bangun tempat tinggal warga di sini yang bekas diobrak-abrik Ahok. Semua warga di sini tahu, Pak Anies-Sandi setuju-lah, kalau kami membangun rumah kami lagi yang di sini,” ujar dia saat membangun kediamannya dari kayu dan patahan tripleks.

Ada juga beberapa warga yang membangun tempat tinggalnya dengan batu-batu dari sisa reruntuhan.

“Ya kalau Gubernur DKI-nya baru, enggak niat bongkar bangunan sana-sini, kaminya tenang Pak. Enggak mungkin Pak Anies-Sandi malah meratakan rumah kami,” ucap Adi.

Sementara itu, Ujang (39), nelayan di Pasar Ikan, berharap kemenangan Anies-Sandi dapat menghidupkan kembali Kawasan Pasar Ikan serta Kampung Akuarium.

Ujang saat ini masih bertahan tinggal di tenda darurat yang diberikan Partai Gerindra.

“Jelas warga percaya diri bangun lagi rumah-rumah milik mereka bekas dibongkar si Ahok. Warga dan saya pun yakin kalau gubernur DKI Jakarta yang baru di tahun 2017 ini bakal pilih warga miskin,” ujarnya.

“Kami semua rata-rata kerjanya sebagai nelayan dan semenjak dibongkar itu semua rumah, warga jadi nganggur Pak. Saya berharap, jika Pak Anies-Sandi mau membuat warga yang miskin jadi sejahtera, aman, serta nyaman,” kata Ujang.

 

Loading...