Urban

7 Tips Merawat Lantai Kayu Untuk Ruang Tamu dan Kamar

merawat lantai kayu

Lantai kayu memiliki banyak keunggulan dibanding lantai keramik atau marmer. Untuk para pecinta estetika, kayu memiliki nilai seni tersendiri yang tidak ada di keramik. Selain itu, lantai kayu juga lebih hangat dan nyaman dipijak. Terlebih harga lantai kayu pada dasarnya lebih murah dibandingkan dengan keramik maupun marmer. Tidak heran, banyak pecinta lantai kayu yang tidak ingin mengganti lantai rumahnya dengan yang lain.

Design untuk ruang tamu dan ruang tidur, lantai kayu memang pilihan yang sangat tepat. Meskipun demikian, pemilik rumah juga harus telaten dalam merawat lantai kayu. Berikut ini adalah 7 tips merawat lantai kayu untuk ruang tamu dan kamar yang penting dicatat pemilik rumah berlantai klasik tersebut.

  1. Jaga Kelembapan

Musuh terbesar kayu adalah menjadi lembab dan rusak. Kelembapan yang berlebih bisa memicu jamur, lumut, dan pembusukan kayu. Karena itu, pemilik rumah harus selalu menjaga kelembapan baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

  1. Kebersihan dari Tumpahan Air

Adakalanya air bisa tumpah karena tersenggol atau terlepas dari genggaman. Jika hal ini terjadi, segera bersihkan dan keringkan lantai agar tumpahan air tidak mengendap lama dan memasuki pori – pori lantai kayu.

  1. Basmi Jamur

Bekas makanan yang tumpah sangat bisa mengakibatkan jamur. Jika makanan terutama yang berkuah sampai jatuh ke lantai, ada baiknya pemilik rumah langsung membersihkan dengan pembersih khusus yang bisa membantu membasmi jamur.

  1. Hindari Terkikis Meskipun Sedikit

Pemilik rumah sebaiknya tidak meletakkan barang – barang yang terlalu berat di atas lantai kayu. Hal ini akan berakibat pada sulitnya mengangkat atau memindahkan benda tersebut. Ingat, agar lantai kayu tidak sampai tergores atau terkikis, benda harus dipindahkan dengan cara diangkat dan bukan digeser.

  1. Antisipasi Menjalarnya Rayap

Dengan memperbaiki lapisan pelindung lantai kayu, kemungkinan serangan rayap akan berkurang. Selalu pastikan seluruh bagian lantai kayu baik yang terlihat maupun yang tertutup perabotan sudah dilapisi dengan sempurna.

  1. Tanggulangi Resiko Keropos

Lantai kayu yang keropos biasanya ada di rumah – rumah dengan kelembapan rendah atau cenderung kering. Selain masalah debu, keropos juga kerap melanda rumah yang banyak mendapat sinar matahari. Lakukan penggantian lantai secara berkala. Jika memang sudah masuk usia penggantian, jangan menunda karena lantai keropos bisa berlubang dan sangat berbahaya terutama di lantai atas.

  1. Lakukan Perawatan dan Konsultasi Rutin

Banyak prosedur perawaran yang harus dilakukan pemilik rumah berlantai kayu. Hal terpenting dalam perawatan adalah mempelajari sendiri atau melibatkan orang yang mengerti tentang tata cara perawatan lantai kayu yang benar.

 

Loading...