Presiden Joko Widodo (ANTARA/Hafidz Mubarak )

Jurnalindonesia.co.id – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono merilis hasil tes swab Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut hasil rekam medis, tes swab yang dilakukan Jokowi hasilnya negatif.

“Hasilnya bagus, Alhamdulillah Bapak sehat, hasil swab negatif. Terima kasih atas doanya, sehat semua,” tulis Heru lewat pesan singkat, Sabtu (25/7/2020).

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi akan melakukan swab test lebih cepat dari jadwal biasanya setelah ada kabar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif virus Covid-19. Jokowi diketahui sempat bertemu dengan Purnomo pada pekan lalu.

“Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif,” kata Heru Budi Hartono, Jumat 24 Juli 2020.

Dengan adanya kabar Purnomo positif corona, kata Heru, Presiden dan seluruh perangkat akan mempercepat jadwal swab test.

“Jadwal Bapak Presiden memang hari ini tes kesehatan rutin,” kata Heru.

Diketahui, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu. Purnomo mengatakan mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

“Coba tanya kepala dinas (kesehatan Kota Solo) saja, saya kan dua kali (tes swab) yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif, saya ndak berani cerita. Nyuwun (minta) periksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok,” ungkap dia.

Purnomo mengaku saat ini menjalani karantina mandiri di rumah mulai kemarin sore. Purnomo mengaku menjalani tes swab dua kali pada Jumat (17/7/2020) dan Sabtu (18/7/2020) lalu dengan didatangi petugas di kediamannya.

“Kayaknya saya merasa sehat sekali, nggak ada keluhan sama sekali, ndak tahu ini. Ya supaya hati-hati,” kata Purnomo.

Sehari sebelum menjalani tes swab, Purnomo diketahui bertemu Jokowi pada Kamis 16 Juli 2020. Mereka bertemu sehari sebelum PDIP mengumumkan mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota di Pilwakot Solo 2020.

Selama sepekan terakhir, Purnomo sempat menghadiri beberapa agenda, di antaranya rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo pada Rabu (22/7/2020) dan rapat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Kamis (23/7/2020).

Setelah mengikuti rapat dengan OJK, Purnomo baru menerima hasil tes swab tersebut.

“Kemarin sore masih rapat di OJK. Isunya (positif Covid-19) kemarin sore. Kejelasannya nyuwun periksa kepala dinas saja,” kata Purnomo. (Pb/L6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *