Hotel di Purwokerto
Ilustrasi hotel di Purwokerto

Jurnalindonesia.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah, menjadikan GOR Satria Purwokerto sebagai tempat karantina bagi perantau yang nekad mudik ke kampung halaman di tengah wabah COVID-19.

Namun, selain di GOR Satria, Pemkab Banyumas juga menyediakan paket karantina di hotel. Tentu saja paket ini disediakan untuk para pemudik yang mampu secara finansial.

“Kalau merasa di GOR fasilitasnya kok begitu dan dia mampu, boleh ada karantina di hotel, karantina berbayar,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein kepada wartawan, Rabu (29/4/2020).

Meski dikarantina secara mandiri di hotel, para pemudik tersebut tetap berada dalam pengawasan petugas. Mereka juga tidak diizinkan keluar area hotel selama karantina yakni 14 hari.

Husein mengatakan, paket karantina berbayar tersebut merupakan kerja sama antara Pemkab Banyumas dengan pihak hotel.

Saat ini ada 11 hotel dengan total 271 kamar yang siap menampung para pemudik.

“Ini berawal dari teman-teman yang terdampak pandemi, kemudian kami tawarkan kepada anggota di sektor penginapan. Kami berpikir bagaimana wabah ini menjadi hikmah bagi kita,” kata Ketua Aliansi Pariwisata Banyumas, Muslimin.

Dia mengatakan selama ini ada beberapa pemudik yang telah menjalani karantina mandiri di hotel. Namun kondisi kesehatannya tidak terpantau.

“Di lapangan, pemudik datang ke hotel, kami khawatir karena kesehatan tidak terpantau, jadi kami usulkan ke bupati, tawarkan paket isolasi mandiri berbayar,” ucapnya.

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas karantina di hotel, para pemudik tersebut akan diminta membuat surat pernyataan yang berisi kesanggupan menjalani karantina dan mengikuti SOP yang telah ditetapkan.

“Bersedia mengikuti SOP hotel, tidak pergi ke mana-mana, kecuali masih dalam bimbingan petugas. Setiap hari nanti ada kegiatan, seperti senam dan lainnya atau minum empon-empon bersama,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini 11 hotel tersebut tersebar di wilayah Purwokerto dan kawasan wisata Baturraden. Harga yang ditawarkan masing-masing hotel untuk melakukan karantina mandiri bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 475 ribu per harinya.

“Untuk saat ini harga terendah Rp 100 ribu per hari dan paling tinggi Rp 475 ribu per hari. Tarif tersebut dikalikan 14 hari masa karantina, dengan komitmen pembayaran di awal,” ungkapnya.

Selain itu, untuk menghilangkan stres selama masa karantina 14 hari, pihaknya juga menawarkan beberapa paket kegiatan dengan biaya tambahan. Di antaranya paket api unggun.

“Untuk kebutuhan makan kita tetapkan Rp 10 ribu untuk sekali makan atau bisa juga lebih sesuai menu yang diinginkan. Misal tarif hotel Rp 100 ribu, kita paketkan dengan makan jadi Rp 130 ribu, ada juga yang tarif sudah termasuk makan,” jelasnya.

Sedangkan untuk memantau kondisi kesehatan para pemudik yang nantinya dikarantina, pihaknya mengaku sudah bekerja sama dengan puskesmas untuk memantau kondisi kesehatan dan mendatangi hotel secara berkala.

“Di setiap penginapan ada petugas kesehatan mengecek, entah setiap pagi, siang, atau sore. Jadi terpantau kondisinya setiap hari, begitu ada gejala dilarikan ke rumah sakit,” ucapnya.

Sementara itu, untuk menjaga kebersihan dan meminimalkan penyebaran virus Corona di dalam kamar hotel, pihaknya tetap melaksanakan protokol pencegahan COVID-19 dengan menyemprotkan disinfektan dan rutin melakukan penggantian seprai.

“Tamu dan karyawan juga disemprot disinfektan. Untuk karyawan selalu menggunakan masker dan kaus tangan. Kami juga menyiapkan tempat cuci tangan di banyak titik,” ucapnya.

Berikut daftar 11 hotel di Banyumas yang menyediakan paket karantina berbayar:

  1. Hotel Puri Wisata Baturraden (08773585558 – 082265003535)
  2. Hotel Madurrodam Baturraden (08156988725)
  3. Hotel Tanjung Emas Purwokerto (085228725339)
  4. Hotel New Aprila Baturraden (085227205240)
  5. Hotel Karang Salam Indah Purwokerto (085227205240)
  6. Baturraden Adventure Forest (BAF) (081197303)
  7. Agro Karang Panginyongan (AKP) Cilongok (081327268689 – 085291233167)
  8. M Hotel Baturraden
  9. Hotel Legen 1 Baturraden
  10. Tirta Hotel Baturraden
  11. Hotel Legen 2 Baturraden

Menurut Muslimin, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan terus bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *