Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Instagram/agusyudhoyono)

Jurnalindonesia.co.id – Satu bulan sejak ditunjuk sebagai Ketua Umum (Ketum), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan perombakan struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat untuk periode 2020-2025.

AHY mengatakan, secara garis besar kepengurusan Partai Demokrat di pusat terdiri dari dua bagian. Pertama, Majelis Tinggi Partai beserta Dewan Pertimbangan Partai, Dewan Kehormatan Partai dan Mahkamah Partai. Kedua, Dewan Pimpinan Pusat atau DPP.

Pengurus harian berjumlah 100 orang, terdiri atas eselon pimpinan, eselon pembantu pimpinan dan eselon pelaksana. Sementara pengurus pleno berjumlah 200 orang, rinciannya 100 orang pengurus harian ditambah 100 orang lainnya.

Putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menjelaskan, 100 orang lainnya tersebut terdiri atas sekretaris departemen dan staf, sekretaris direktur eksekutif dan staf, sekretaris badan dan staf, serta para kepala Biro di tiap-tiap departemen.

Menurut AHY, struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025 ditentukan berdasarkan pertimbangan yang cermat, dengan memperhatikan rekam jejak kader, serta melihat tantangan yang akan dihadapi partai.

Atas dasar itu, kata dia, struktur kepengurusan dibuat berdasarkan pada prinsip profesional, efektif, efisien, dan modern dalam menghadapi tantangan tugas-tugas partai ke depan.

Berdasarkan struktur kepengurusan, jabatan Sekretaris Jenderal dipercayakan kepada Teuku Rieky Harsya. Wakil Ketua Komisi I DPR ini menggantikan Hinca IP Panjaitan.

Adik kandung AHY, Edhie Baskoro Yudhyono (Ibas) ditunjuk sebagai wakil ketua umum (Waketum). Selain Ibas, jabatan Waketum juga dipercayakan kepada kader senior Benny K Harman, Marwan Cik Asan, Vera Febrianti Rumangkang, Willem Wandik dan Yansen Tipa Pandan.

Selain itu, di dalam struktur kepengurusan partai tersebut terdapat nama Megawati. Dia ditunjuk sebagai kepala departemen perindustrian, perdagangan, dan investasi.

Namun jangan salah, Megawati di sini bukan Ketua Umum PDIP. Melainkan politikus Demokrat yang memiliki nama lengkap Linda Megawati. Legislator asal Subang ini merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024 Dapil Jawa Barat (Jabar) IX.

Fraksi Demokrat Linda Megawati
Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Linda Megawati. (Foto: DPR).

Linda yang kini bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM dan BUMN, serta standardisasi nasional sempat pula bertugas di Komisi VIII DPR-RI yang membidangi agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan.

Di jajaran kepala departemen, terdapat pula kader senior Didi Irawadi Syamsuddin yang menjabat kepala departemen luar negeri.

“Akhirnya, saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh Pengurus DPP Partai Demokrat periode 2020-2025. Mari kita wujudkan harapan rakyat,” kata kata AHY, Rabu (15/4/2020) malam.

Untuk informasi, AHY resmi menjabat Ketua Umum Demokrat hasil Kongres V Partai Demokrat di JCC, 15 Maret 2020 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *