Anggota DPR memakai alat pelindung diri (APD). (Foto: Istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Beredar viral di media sosial foto Satgas Lawan COVID-19 Anggota DPR mengenakan alat pelindung diri (APD). Foto tersebut menuai banyak kritikan bahkan kecaman warganet.

Anggota Satgas Lawan COVID-19 DPR memberi klarifikasi. Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan busana cover-all putih-putih yang dikenakan Satgas memang mirip hazmat atau APD yang dipakai tenaga medis dalam menangani pasien terinfeksi virus corona. Namun, kata Dasco, seragam itu bukan APD yang biasa dikenakan para tenaga medis.

“Kebetulan Satgas seragamnya menyerupai APD. Kenapa dibilang menyerupai? Karena bahan standar yang kita pakai kan bukan standar APD. Yang kita sumbang baru standar APD,” ujar Dasco seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (15/4/2020).

Dasco melanjutkan, Satgas memang sengaja merancang seragam mirip APD untuk menyesuaikan kegiatan. Menurutnya, hal itu tidak jadi soal karena setiap satgas mengenakan seragam saat bertugas.

Dasco justru mempermasalahkan kritik warganet terkait seragam Satgas. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu beralasan hal yang penting adalah sumbangan yang disalurkan Satgas.

“Yang kita bingung itu kan, bukan dibahas yang sumbangan kita yang banyak dan berkualitas. Malah seragam kita, itu kan seragam. Kalau ada kegiatan kan orang boleh saja bikin seragam,” ucapnya.

Kendati demikian, Dasco mengaku pihaknya menerima kritik dari warganet. Dia menyebut mungkin maksud warganet baik untuk memberi masukan kepada pihaknya.

Sementara itu deputi Hubungan Antar-Lembaga Satgas Lawan COVID-19 DPR, Melki Laka Lena, mengatakan bahwa pemakaian APD sudah sesuai dengan prosedur. Melki menjelaskan, anggota satgas mengenakan APD untuk antisipasi penularan Corona.

“Sesuai prosedur dan protokol kesehatan, Satgas DPR RI yang kunjungi RS Darurat Wisma Atlet melihat kondisi lapangan harus memakai APD standar biasa untuk mencegah penularan,” ujar Melki.

Menurut Melki, saat itu rombongan satgas hendak berangkat menuju RS Darurat Wisma Atlet.

“Dari DPR RI rombongan ke Wisma Atlet pakai bus DPR RI. Kita tidak mau repotkan Wisma Alet makanya pakai APD sendiri yang juga disumbangkan ke berbagai RS,” kata Melki.

Di foto yang beredar tersebut, anggota satgas berfoto bersama mengenakan busana cover-all putih-putih mirip APD di gedung MPR/DPR.

Foto itu beredar di Twitter yang diunggah oleh akun @Hanifah933 dengan keterangan: ‘Dear @DPR_RI Foto Selfie dgn memakai BAJU APD sementara PARAMEDIS diseluruh Nusantara BERJIBAKU KEKURANGAN APD …’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *