Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump. (Foto: Alex Brandon/AP/Shutterstock)

Jurnalindonesia.co.id, Washington – Pemerintah Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menghentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden AS Donald Trump. Trump menuding WHO telah menutup-nutupi keseriusan wabah virus Corona di China sebelum akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Baca: Dinilai Lambat Tangani Corona, Hampir 1 juta Warga Tandatangani Petisi Desak Dirjen WHO Mundur

Dalam konferensi pers, Trump mengatakan bahwa dirinya telah memerintahkan untuk menghentikan pendanaan selagi “peninjauan untuk menilai peran WHO dalam salah kelola yang parah dan menutupi penyebaran virus Corona.”

Menurut Trump,  WHO tidak transparan mengenai wabah tersebut

“Dengan terjadinya pandemi COVID-19, kami memiliki keprihatinan mendalam apakah kemurahan hati Amerika telah dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Dipuji Banyak Negara, Bagaimana Cara Vietnam Melawan COVID-19?

Trump menilai WHO bias terhadap China dan berkolusi untuk mencegah negara yang dipimpin Xi Jinping itu terbuka mengenai bencana kesehatan yang sedang berlangsung. Hal ini, kata Trump, telah menyebabkan negara-negara lain kehilangan waktu krusial untuk bersiap dan menunda keputusan guna menghentikan perjalanan luar negeri.

“Seandainya WHO melakukan tugasnya untuk membawa para ahli medis ke China untuk menilai secara obyektif situasi di lapangan dan membeberkan kurangnya transparansi China, wabah itu bisa diatasi pada sumbernya dengan kematian yang sangat sedikit,” kata Trump.

“Ini akan menyelamatkan ribuan nyawa dan menghindari kerugian ekonomi di seluruh dunia,” ujarnya.

Tidak dijelaskan sampai kapan AS akan menghentikan pendanaan untuk WHO. Saat ini AS merupakan pendana terbesar badan kesehatan PBB tersebut. Negara adi daya itu menggelontorkan dana US$ 400 juta tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *