Formula E
Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaiki mobil karya ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya di Parkir Timur GBK Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019). (Foto: Antara/Livia Kristianti)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memutuskan untuk menunda turnamen Formula E yang sedianya akan dilaksanakan di area Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat bernomor 117/-1.857.73 yang diterbitkan pada Senin (9/3/2020) lalu.

Surat yang ditujukan untuk Organizing Committee Jakarta E-Prix itu berisi perihal penundaan penyelenggaraan Formula E yang rencananya akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020 mendatang.

Dalam surat tersebut ditembuskan pula ke 15 instansi yaitu Menteri Sekretaris Negara; Menteri Dalam Negeri; Menteri Luar Negeri; Menteri Perhubungan; Menteri Kesehatan; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pemuda dan Olahraga; Menteri Keuangan; Kapolri; Panglima TNI; Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka; Kapolda Metro Jaya; Pangdam Jayakarta dan Ketua DPRD DKI Jakarta.

Berikut selengkapnya isi surat tersebut:

Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ditandatangani.

Koordinasi Panitia Formula E Terkait Wabah COVID-19

Sebelumnya Panitia Penyelenggara (Organizing Committee/OC) Formula E terus berkoordinasi dengan para stakeholder dalam memantau situasi terkait wabah virus corona (COVID-19) di tanah air. Koordinasi ini dilakukan mengingat wabah tersebut terus mengalami peningkatan di belahan dunia.

Malah, turnamen Formula E di Kota Sanya, Tiongkok pada 21 Maret dan Kota Roma, Italia pada 4 April terpaksa ditunda karena wabah ini.

“Koordinasi dilakukan untuk memastikan kepentingan keselamatan bersama karena itu merupakan prioritas,” kata Director of Communication and Sustainability OC Formula E Jakarta, Felicia Idama berdasarkan keterangan yang diterima pada Sabtu (7/3/2020).

Menurut Felicia, lembaga FEO (Formula E Operations) selaku pemegang lisensi Formula E di seluruh dunia terus menyampaikan pandangan-pandangan global kepada OC di Jakarta, mengingat beberapa negara lain menyelenggarakan kejuaraan yang sama.

“Di dalam negeri, kami memonitor dengan seksama semua kebijakan Pemerintah. Selain itu komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI kami tingkatkan hingga level tertinggi,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan terakhir hingga Jumat (6/3/2020) COVID-19 di seluruh dunia menyentuh angka 98.370 kasus. Setelah Cina, di urutan berikutnya Korea Selatan kemudian Italia.

Peningkatan ini signifikan dibanding pantauan tiga hari sebelumnya per Selasa (3/3/2020) yakni di angka 90.428 kasus menurut data yang dirangkum Johns Hopkins CSSE. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat pekan lalu (29/2/2020) menyatakan risiko COVID-19 sangat tinggi di dunia.

Dalam sepekan berjalan, status ini masih pada posisi yang sama dan terus diwaspadai termasuk di Indonesia. “Kami sangat memerhatikan kondisi ini sehingga menjadi pertimbangan- pertimbangan penting terhadap Jakarta E-Prix,” kata Felicia.

OC Formula E Jakarta mengapresiasi masukan-masukan dari berbagai pihak.

“Kami sangat menghargai dukungan demi keselamatan bersama. Kami respect pada situasi global, berjuang menghadapi situasi berat. Kita berada di dunia yang sama, kita hadapi bersama,” tutur Felicia.

OC berterima kasih kepada para pemangku kepentingan yang terhubung dengan gelaran Formula E yang direncanakan 6 Juni 2020.

“Kepedulian masyarakat luas dan stakeholders yang disampaikan kepada kami dalam bentuk masukan-masukan melalui berbagai medium komunikasi, menjadi pertimbangan kami yang terus dikomunikasikan dengan FEO untuk mengambil langkah terbaik,” tambah Felicia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *