Prabowo Subianto

Jurnalindonesia.co.id – Finalis Puteri Indonesia dari Sumatera Barat Kalista Iskandar ramai diperbincangkan karena gagal melafalkan Pancasila dengan benar di grand final ajang pemilihan Puteri Indonesia 2020.

Bukan hanya Kalista, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga pernah salah melafalkan Pancasila. Saat itu videonya juga viral di media sosial.

Berikut potongan ucapan Prabowo saat berpidato dan membacakan Pancasila dalam video tersebut:

Saya mau katakan, saya sudah pertaruhkan nyawa saya untuk pancasila, NKRI. Jangan hanya teriak-teriak, buktikan bahwa Pancasila itu 5 silanya, iya kan?

Ketuhanan yang Maha Esa
Kemanusiaan yang adil dan beradab,
Persatuan Indonesia
Kemanusian yang…yang apa… Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Momen itu terjadi saat Prabowo menghadiri peresmian Kopasandi dengan para ulama Alumni 212 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/11/2018). Kala itu Prabowo adalah calon presiden dalam Pilpres 2019 berpasangan dengan Sandiaga Uno. Juru bicara Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno saat itu, Andre Rosiade, menegaskan Prabowo tidak lupa sila ke-4 Pancasila.

“Itu kan Pak Prabowo kan lagi ngomong sila ke-4, habis itu kan direvisi lagi. Jadi hal lumrah kan salah sebut sedikit, nggak masalah, yang masalah itu bukannya beliau nggak koreksi langsung. Jadi dikoreksi, beliau habis itu keluarin pernyataan yang benar, tapi ini kan butuh ‘gorengan’ isu personal, jadi kenapa penggorengan terus berjalan? Agar pemerintah tidak perlu diskusi hal substansi, makanya pemerintah lebih cenderung bicara ‘politik sontoloyo’, ‘genderuwo’, dan kebohongan,” ujar Andre saat itu.

Terpisah, Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean juga ikut membela. “Salah ucap antara kerakyatan dan masyarakat tidak perlu diributkan. Yang perlu diperhatikan adalah semangat dan jiwa Pancasilanya, bukan hafalan Pancasilanya. Apalagi orang tua, sudah pasti tidak akan begitu lancar menghafalkan pancasila,” kata Ferdinand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *