Ekonomi dan Bisnis

Karakteristik Teknologi Bitcoin Blockchain

Seperti yang sudah diketahui bahwa Bitcoin ini pertamakali rilis ke publik pada Januari 2009 yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto dengan judul karya ilmiahnya “Bitcoin : A Perr-toPeer Electronic Cash System”. Sathosi Nakamoto ini bukan merupakan sebuah nama seseorang, melainkan ID di sebuah forum organisasi yang mempelajari teknologi peer-topeer. Ada rumor yang mengatakan bahwa pemilik ID Satoshi Nakamoto ini adalah Dorian Nakamoti, dan ada juga yang bilang ia adalah Charlie Lee yang menciptakan Litecosin. Dan transaksi pertama Bitcoin dilakuakn oleh Satoshi Nakamoto sendiri ke seseorang programmer yang bernama Hal Finney sebesar 10 Bitcoin.

Kemudian pada tahun 2010, Satoshi Nakamoto berhenti mengembangkan Bitcoin dan menyerahkannya ke Gavin Andresen yang sekarang ini meupakan pimpinan developer di Bitcoin Foundation. Harga bitcoin sekarang ini sangat murah, yakni 10 ribu Bitcoin untuk 2 potong pizza. Yang menariknya Satoshi Nakamoto ternyata pernah mengantongi 1 juta Bitcoin.

Secara umum Bitcoin ini sangat mirip dengan emas dalam hal karakteristiknya, yakni jumlahnya yang terbatas dan banyak peminatnya. Berikut beberapa karakteristik Bitcoin :

  • Tidak ada bentuk fisik alias virtual
  • Jumlah terbatas, yakni hanya 21 juta BTC dan tidak akan bertambah
  • Bisa dipecahkan menjadi nominal yang lebih kecil, seperti 0,001 Bitcoin
  • Bitcon stabil dan tidak akan mengalami degradasi
  • Sangat sulit untuk nmembuat Bitcoin palsu dengan adanya sistem Blockchain
  • Bisa ditransfer kemana saja melalui jalur virtual

Teknologi Bitcoin Blockchain

Dalam hal ini, Bitcoin menggunakan teknologi yang bernama Blockchain yang diproses secara peer-to-peer dan tidak bisa terpusat (Decentralize). Tentunya hal ini membuat Bitcoin bisa digunakan untuk mengirimkan uang dari satu kantong ke kantong lainnya melalui internet tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Bitcoin Blockchain itu sendiri merupakan sekumpulan angka yang kompleks serta saling berkaitan antara satu blok dengan blok lainnya. Selain itu, diamankan pula dengan alogaritma SHA2. Dengan begitu bisa membuatnya lebih aman karena apabila ada hacker menyerang, harus merubah 51% dari seluruh blok yang terikat tersebut.

Bitcoin ini merupakan mata uang sama seperti Dollar, Rupiah, Euro, dan mata uang lainnya. Dan naik turunnya harga mata uang Bitcoin sangat tergantung dari banyak faktor, mulai dari volume hingga tingkat kepemilikan serta kepercayaan orang terhadap Bitcoin. Untuk mengetahui harga Bitcoin terkini, anda bisa memantaunya melalui situs online yang tersedia. Selain mata uang Bitcoin atau BTC serta mata uang virtual lainnya, anda juga bisa melihat index harga mata uang fisik seperti Euro maupun Dollar.

Mining Bitcoin

Perlu diketahui bahwa Mining Bitcoin ini merupakan aktivitas menambah Bitcoin yang ada di dunia dengan cara memecahkan algoritma Bitcoin. Karena Bitcoin tidak terpusat (Decentralize) serta diproses oleh banyak komputer di seluruh dunia, atau hal ini juga bisa dibilang sebagai menambang Bitcoin. Dalam hal ini, komputer berspesifikasi tinggi digunakan untuk menghitung alogaritma Bitcoin secara reverse calculation. Jadi, semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan tersebut, maka proses mining akan semakin cepat.

Untuk menambang atau Mining Bitcoin ini anda harus memahami algoritma Bitcoin itu sendiri. Karena proses mining Bitcoin ini diumpamakan sebagai aktivitas memecahkan algoritma. Sehingga semakin banyak jumlah Bitcoin yang tertambang, maka tingkat kesulitan reverse calculation akan semakin sulit pula. Sekarang ini hanya ada 21 juta Bitcoin di dunia. Dan angka ini tidak akan berkurang atau bertambah.

Mungkin itu saja informasi kali ini tentang Bitcoin, dan anda bisa mencoba untuk menggunakan Bitcoin ini supaya transaksi anda semakin mudah dan cepat.

Loading...