Daerah, Papua Barat

Papua Rusuh, Jokowi Bakal Evaluasi Pendekatan Keamanan di Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Aksi protes berujung kerusuhan kembali terjadi di Jayapura Papua, Kamis (29/8). Aksi demo ini merupakan protes terhadap dugaan tindakan rasisme yang dialami mahasiswa Papua, beberapa waktu lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi pendekatan keamanan yang selama ini dilakukan untuk menangani persoalan di Papua. Evaluasi tersebut untuk menentukan langkah penanganan yang tepat bagi masyarakat Papua.

Baca Juga: Papua Mencekam, Massa Pendemo Bakar Kantor Pos, Kantor Telkomsel dan Mobil

“Semuanya akan kami evaluasi,” kata Jokowi di Alun-alun Purwarejo Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019).

Selain itu, Jokowi akan mengupayakan pertemuan dengan tokoh muda, tokoh adat, dan tokoh agama Papua untuk berdialog. Jokowi berjanji hal tersebut bakal dilakukan sesegera mungkin.

“Akan kami lakukan dalam waktu yang secepatnya, baik tokoh muda, tokoh adat, dan tokoh agama,” kata Jokowi.

Sebelumnya Jokowi telah merencanakan pertemuan dengan para tokoh muda, tokoh adat, dan tokoh agama Papua pada pekan ini. Hanya saja, dia mengakui hal tersebut belum memungkinkan untuk dilakukan.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Tri Susanti Tersangka Rasisme Mahasiswa Papua di Surabaya

 

Tetap Tenang dan Jangan Anarkistis

Untuk saat ini, Jokowi meminta masyarakat Papua tetap tenang dan tidak bertindak anarkistis. Sebab, tindakan anarkistis tak tepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

“Kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk melakukan tindakan tegas kepada siapa pun yang melanggar hukum. Hal tersebut tak hanya berlaku untuk mereka yang bersikap anarkistis, namun juga para pelaku rasialisme terkait Papua.

Baca Juga: Prabowo Instruksikan Kadernya Damaikan Situasi di Papua Barat

“Ambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis,” tegas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan pemerintah terus berkomitmen memajukan Papua.

“Baik di bidang fisik maupun SDM agar kita semuanya, utamanya, khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera,” ujar Jokowi.

 

Loading...