Daerah, Papua Barat

Papua Mencekam, Massa Pendemo Bakar Kantor Pos, Kantor Telkomsel dan Mobil

Suasana Papua (Dok. Istimewa)

Aksi longmars ribuan warga Papua di Jayapura terkait isu persekusi yang telah disusupi Gerakan Papua Merdeka (GPM) berlangsung anarkistis, Kamis (29/8/2019).

Massa aksi yang diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beberapa perguruan tinggi di Kota Jayapura ini melempari rumah-rumah di sekitar Jalan Raya Abepura Jayapura.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Tri Susanti Tersangka Rasisme Mahasiswa Papua di Surabaya

Selain itu, dikutip dari kantor berita Antara, hasil pemantauan melihat dari kejauhan Kantor Pos dan Kantor Telkomsel Jayapura terbakar.

“Antara juga melihat dari kejauhan Kantor Pos dan Kantor Telkomsel Jayapura terbakar. Massa juga membakar mobil di jalan serta melempari gedung pertokoan dan perkantoran,” tulis Antara.

Aparat keamanan telah memasang kawat berduri di objek-objek vital di sepanjang jalan dari Kota Abepura ke Jayapura, Papua, yang akan di lewati para pendemo.

Baca Juga: Fadli Zon Desak Polri Tangkap Aktor Intelektual Kerusuhan Papua

Kodam XVII/Cenderawasih telah menyiapkan pasukan sebanyak dua satuan setingkat kompi (SSK) untuk membantu polisi untuk mengamankan situasi Kota Jayapura, Papua, adanya aksi massa menuntut rasisme.

“Kodam menyiagakan dua SSK untuk diperbantukan ke Polda,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto, Kamis (29/8/2019).

Situasi di Jayapura, Papua mencekam usai demonstrasi yang digelar Kamis (29/8/2019). Aksi protes massa menolak rasisme berujung rusuh. Akibat kerusuhan itu aktivitas masyarakat Jayapura lumpuh.

Pertokoan dan perkantoran tutup sejak pukul 12.30 WIT. termasuk Mal Jayapura yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Jayapura. Situasi mencekam muncul ketika para demonstran merusak beberapa kaca pertokoan dan hotel dengan menggunakan ketapel.

Baca Juga: Dituding Jadi Pemicu Konflik di Papua, Tri Susanti Minta Maaf dan Beri Penjelasan

Sejumlah pusat perbelanjaan di Distrik Abepura memilih tutup. Saga dan Mega Abepura tutup, Kantor Distrik Abepura dan BPS Kota Jayapura serta Kanwil Kantor Pos Maluku dan Papua juga tutup. Begitu juga, sejumlah kafe dan hotel.

 

Loading...