Nasional

Soal Ceramah UAS, Quraish Shihab: Jika Itu Saya, Saya akan Minta Maaf

Quraish Shihab

Cendikiawan muslim Quraish Shihab turut berkomentar terkait viralnya video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) di media sosial. UAS sebelumnya menyebut tidak akan meminta maaf terkait video ceramah yang dianggap menghina agama lain.

Mantan Menteri Agama itu mengatakan, jika hal tersebut terjadi kepada dirinya, maka ia akan meminta maaf walaupun merasa tidak bersalah dan tidak ada yang tersinggung.

Baca Juga: MUI Minta Kasus UAS Soal Salib Diselesaikan Secara Damai

“Meski tidak salah, tidak ada yang tersinggung, saya akan minta maaf,” kata Quraish di Hotel Sahid Jaya, Jalan Jendral Sudirman Kav. 86, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Quraish Shihab

Baca Juga: Klarifikasi Soal Salib, UAS: Saya Tidak Akan Takut karena Saya Tidak Bersalah

Terkait pelaporan yang dilayangkan oleh sejumlah kelompok ke kepolisian, Quraish tidak ingin menanggapinya. Ia lebih menyarankan untuk semua pihak untuk saling duduk bersama, dan menyelesaikannya dengan bijaksana.

“Itu pertemuan antarpihak-pihak yang berselisih, itu hindari dahulu deh kepolisian,” kata Quraish

“Perlu duduk bersama, mencari titik temu. Saya yakin bahwa muslim atau agama apapun selalu bisa bertemu. Jadi duduklah bersama, bertemu saling maaf memaafkan, saling meminta maaf,” sambung Quraish.

Lebih lanjut, Quraish tidak ingin membandingkan kasus UAS dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengenai hal tersebut. Ia mengimbau kepada semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam berbicara.

Baca Juga: UAS Tegaskan Dirinya Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Ceramah Salib

“Mau dibandingkan tidak semua dapat dibandingkan. Ada faktor-faktor yang tidak menyertainya di sini, menyertainya di sana. Biarlah yang sudah-sudah ya sudahlah. Ahok sudah legowo. Iya kan,” tutup Quraish.

Loading...