Daerah, DKI Jakarta

100 Ribu Bougenville Ditanam untuk Kurangi Polusi Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (18/7/2019).(KOMPAS.COM/RINDI NURIS VELAROSDELA)

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menanam 100 ribu bunga bougenville di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penanaman tanaman Bougenville ini merupakan langkah awal Pemprov DKI untuk mengendalikan kualitas udara di Jakarta.

“Hari ini kita sama-sama menanam tanaman Bougenville itu salah satu tanaman yang memiliki serapan terhadap polusi udara dengan kategori tinggi,” kata Anies saat menghadiri penanaman simbolis bunga Bougenville di Jalan Sudirman dan pohon kupingan di Semanggi, Minggu (18/7/2019).

Baca Juga: Anies Optimis Perluasan Ganjil Genap Tekan Polusi Udara di Jakarta

Oleh karena itu, bunga tersebut dipilih untuk ditanam di kawasan Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan kawasan padat kendaraan bermotor.

“Harapannya semua kawasan di Jakarta ditanami tanaman-tanaman yang relevan dengan kawasannya,” ungkap Anies.

Anies menambahkan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan salah satu upaya membuat Jakarta semakin hijau dan lestari.

Baca Juga: Naikan Tarif Parkir Solusi Anies Atasi Polusi Jakarta

“Kita ingin mewujudkan kota Jakarta yang lestari. Apa yang dimanfaatkan dari kota kita adalah pinjaman dari generasi anak cucu kita. Oleh karena itu, kita harus mewariskan Jakarta dalam keadaan yang baik. Ini prinsip kota yang lestari,” kata Anies.

Untuk itu, Anies meminta warganya ikut merawat dan menjaga tanaman-tanaman tersebut. Sebab, Anies mengatakan tanaman Bougenville ini bukan hanya milik pemerintah namun milik semua warga Jakarta.

“Saya ajak sesudah ini ditanam bantu untuk merawat, ini tanaman kita bukan milik pemerintah yang masyarakat hanya tonton dari jauh tapi saksikan dan dirawat. Kita ingin Jakarta tampil lebih indah dan bersih, kalai ini kita rawat bersama insyallah jadi tanaman lintas waktu,” kata Anies.

Baca Juga: Instruksi Anies, Mobil di Atas 10 Tahun Dilarang Masuk Jakarta

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati menambahkan kegiatan penanaman tanaman Bougenville ini merupakan tindak lanjut dari Ingub 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Suzi mengatakan kegiatan ini merupakan langkah awal dari rencana Pemprov DKI menanam 2 juta tanaman sampai tahun 2022.

“Rencana penanaman 2.000.000 tanaman (500.000 pohon dan 1.500.000 tanaman hias) hingga tahun 2022,” ucap Suzi.

Loading...