Nasional

TNI Pertahankan Enzo Zenz Allie, Ini Komentar Mahfud MD

TNI Pertahankan Enzo Zenz Allie, Ini Komentar Mahfud MD

Enzo Zenz Allie (18) akhirnya diterima menjadi taruna Akademi Militer (Akmil) setelah dinyatakan tidak terpapar radikalismen oleh TNI Angkatan Darat. Menanggapi itu, Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD ikut berkomentar.

Mahfud mngatakan, TNI AD berhak mempertahankan Enzo apabila memang layak untuk dipertahankan.

“Kalau memang TNI menganggap Enzo harus dipertahankan ya dipertahankan saja,” kata Mahfud di Kompleks Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga: KSAD: TNI Pertahankan Enzo Allie sebagai Taruna 

Mahfud juga tidak turut memusingkan kalau Enzo akhirnya menjadi salah satu taruna Akmil. Pasalnya, TNI AD sudah melakukan tes kepada Enzo yang bisa menyatakan kalau Enzo bersih dari paparan radikalisme.

“Terserah TNI kan sudah menjamin Enzo itu bersih,” tandas Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud mengaku sempat mengumbar sayembara Rp10 juta dalam akun Instagramnya bagi masyarakat yang berhasil membuktikan dirinya anti-Bendera Tauhid.

Hal itu dibuat Mahfud terkait tudingan bahwa dirinya anti-bendera Tauhid menyusul pendapatnya tentang Enzo, pemuda keturunan Prancis yang lolos ikut seleksi taruna Akmil namun diduga simpatisan HTI.

“Rp10 miliar. Tapi kalau yang menemukan pernyataan saya (anti-Tauhid) 1.000 orang yang masing-masing 10 juta. Tapi ndak ada (yang bisa buktikan),” ujar Mahfud.

Baca Juga: Fadli Curiga Ikrar DI/TII dan NII Cuma Akal-akalan Wiranto

Diketahui, TNI Angkatan Darat tetap menerima Enzo Zenz Allie sebagai taruna Akademi Militer (Akmil). TNI AD mengklaim Enzo tidak terpapar radikal. Hal itu dinyatakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa terkait isu Enzo terpapar radikal.

“Kami AD memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua taruna Akademi Militer yang kami terima,” kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes AD, Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Berdasarkan tes TNI AD, Enzo memiliki indeks moderasi bernegara yang cukup baik. Tes itu dilakukan Sabtu – Minggu (10-11/8/2019) lalu.

Loading...