Ekonomi dan Bisnis

Tips Jitu Atasi Bokek Setelah Lebaran: Salah Satunya Pinjam Dana Online!

Pinjam dana online, merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih ketika rekening terkuras habis pasca Lebaran.

Mulai dari banyaknya jadwal bukber yang harus dihadiri, belanja baju, kue-kue, makanan, hingga biaya mudik yang menguras rekening, kondisi bokek setelah Lebaran hampir sulit dihindari bagi sebagian orang. Mungkin, kamu juga salah satunya, nih.

Padahal, setelah Lebaran, life still must go on, tapi apa daya, gaji dan THR udah keburu abis buat berburu diskon hari raya. Kalau udah gini, kamu mau nggak mau harus puter otak, gimana ya solusinya? Nah, beberapa opsi berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk dilakukan.

Memanfaatkan fasilitas pinjam dana online Kredivo

Cara paling cepat dan praktis yang bebas nyinyiran orang lain adalah dengan mengajukan pinjaman secara online ke fintech terpercaya & aman seperti Kredivo. Sebab, aktivitas dan kebutuhan yang terus berjalan pasca lebaran mau nggak mau tentu harus dipenuhi. Sejak adanya fintech, pinjam-meminjam dana sudah jauh lebih mudah. Untuk pinjaman yang jumlahnya kecil, kisaran ratusan ribu sampai Rp 5 jutaan, nggak perlu sampai ajukan ke bank.

Kredivo sendiri adalah fasilitas kredit online yang proses pendaftaran dan approvalnya super cepat, maksimal dalam waktu 1×24 jam. Untuk daftar, kamu bisa langsung download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Dengan mendaftar Kredivo, apabila disetujui, kamu akan menerima sejumlah limit kredit nontunai. Maksimal besaran limit bisa mencapai hingga Rp 30 juta.

Limit yang kamu dapat ini nantinya bisa kamu gunakan untuk kredit barang di e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, atau Shopee atau bisa dicairkan jadi pinjaman dana tunai jika dibutuhkan. Ada dua tipe pinjaman yang tersedia di Kredivo, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk pinjaman mini, kamu bisa pinjam minimal sebesar Rp 500 ribu dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari, dan suku bunga 2,95%. Sementara untuk pinjaman jumbo, kamu bisa pinjam minimal sebesar Rp 1 juta dengan tenor pengembalian 3 bulan atau 6 bulan.

Jumlah dana maksimal yang bisa kamu lakukan lewat fitur pinjaman jumbo adalah sebesar limit kredit yang kamu miliki untuk tenor 6 bulan. Kalau limitnya ada 5 juta, maka kamu bisa pinjam maksimal sampai Rp 5 juta. Suku bunga pinjamannya sendiri hanya 2,95% aja per bulannya. Jika dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online sejenis, suku bunga Kredivo adalah yang paling rendah. Jadi, kamu nggak perlu khawatir angsurannya akan membebani keuangan di bulan-bulan berikutnya.

Agar bisa menikmati fasilitas pinjam dana tunai mini atau jumbo di Kredivo, ketika mendaftar, pastikan kamu memilih akun Premium atau mendaftar untuk kedua opsi akun sekaligus yaitu Basic dan Premium. Sebab, fitur pinjam dana hanya tersedia khusus bagi kamu yang sudah menjadi pengguna Premium Kredivo.

Memangkas alokasi dana untuk hiburan & belanja

Jika masih memiliki simpanan dana yang akan dialokasikan untuk kegiatan hiburan, misalnya hangout ke kafe atau nonton di bioskop, sebaiknya tunda dulu sementara hingga hari gajian tiba. Sambil menunggu gajian datang kembali setelah libur Lebaran, uangnya bisa dipakai untuk tambah-tambah kebutuhan hidup yang primer seperti uang makan, transport, biaya listrik, air, dan sebagainya. Jadi, kamu nggak perlu pinjam dana sana sini.

Selain dana untuk hiburan, menghemat pengeluaran untuk belanja pasca lebaran juga wajib dilakukan. Beberapa bulan ke depan mungkin kamu harus puasa diskon dan lihat-lihat barang di e-commerce favorit. Sebab, untuk memulihkan lagi keuangan setelah libur Lebaran tentu butuh waktu yang tidak sebentar. Usahakan untuk berbelanja kebutuhan primer atau hal-hal yang penting saja, seperti bahan makanan. Atau jika perlu, saat kembali ke kantor, hindari makan siang di luar. Ganti dengan bekal yang dimasak sendiri di rumah supaya semakin hemat dan menekan pengeluaran.

Menjual atau menggadaikan barang berharga 

Coba ingat-ingat lagi saat bulan puasa hingga hari raya, apakah kamu kalap berbelanja sehingga banyak membeli barang yang nggak diperlukan? Misalnya, terlalu banyak beli baju, sepatu, dan tas, yang ternyata nggak perlu-perlu amat. Jika ya, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual kembali barang-barang tersebut ke teman atau lewat situs jual-beli khusus barang second atau preloved. Kalau laku, uangnya lumayan untuk tambah-tambah kebutuhan hidup pasca lebaran hingga hari gajian tiba.

Begitu juga kalau kamu punya beberapa gadget atau barang elektronik yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi. Kamu bisa menjualnya selagi harganya belum turun sebagai upaya mendapat dana tambahan. Dengan menjual harta benda yang kamu miliki, selain bisa menambah pemasukan juga bisa menghindari kamu dari beban utang lainnya. Jika merasa terlalu sayang untuk dijual, kamu bisa juga menggadaikannya sementara. Nanti, ketika keuanganmu kembali pulih, baru barangnya bisa ditebus kembali.

Apa pun solusi yang kamu pilih untuk mengatasi bokek pasca lebaran, sebaiknya pertimbangkan dengan bijak ya. Kalau memilih mengajukan pinjaman di Kredivo, pastikan bahwa penghasilanmu masih mencukupi untuk membayar angsuran pinjamannya per bulan. Kalau enggak, maka akan lebih bijak jika kamu memilih untuk berhemat seketat-ketatnya, menjual, atau menggadaikan barang berharga yang kamu punya, supaya beban keuangan tidak bertambah berat nantinya.

 

Loading...