Otomotif

5 Tips Yang Benar Saat Hendak Rental Mobil Solo

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Hari Raya Idul Fitri alias lebaran itu hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi. Itu artinya, dalam waktu dekat ini umat Islam diseluruh dunia akan menyambutnya dengan penuh suka cita. Ada berbagai kebiasaan masyarakat Indonesia yang akan dilakukan saat lebaran tiba seperti bikin ketupat, bikin kue, berkunjung ke rumah keluarga maupun saudara, dan mudik ke kampung halaman. Ya, berbicara soal mudik ke kampung halaman, tentu saja sudah menjadi bagian dari budaya masyarakatnya saat lebaran tiba. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sudah mudik seminggu sebelum hari H. Berbagai transportasi pun kerap digunakan untuk mudik ke kampung halaman mulai dari motor, mobil pribadi, mobil rental, bus, kereta api, pesawat terbang, hingga kapal feri. Nah, berbicara soal rental mobil, kini telah hadir sewa mobil Solo yang menjadi alternatif terbaik bagi para pemudik. Jika anda berminat rental mobil untuk keperluan mudik, berikut di bawah ini ada 5 tipsnya :

1. Booking Mobil Sejak Jauh-jauh Hari

Jangankan seminggu menjelang hari H, banyak orang-orang yang telah melakukan pemesanan mobil rental sejak awal bulan Ramadhan lho. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk booking mobilnya sejak jauh-jauh hari. Dengan demikian, anda pun akan lebih leluasa lagi dalam memilih jenis mobil yang tersedia. Soalnya saat waktu lebaran sudah semakin dekat, biasanya jenis pilihan mobil pun sangat terbatas bahkan bisa sampai tak kebagian.

Pada umumnya, jenis mobil yang sering digunakan oleh para pemudik itu adalah mobil MPV seperti Toyota Avanza, Inova, dan Xenia. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, jenis mobil MPV ini memiliki ruang kabin yang cukup luas sehingga dapat menampung penumpang hingga berjumlah 7 – 9 orang, serta dapat membawa berbagai barang-barang dengan jumlah yang cukup banyak. Tentu saja mobil MPV tersebut sangat ideal untuk kegiatan mudik ke kampung halaman bersama keluarga tercinta. Tak hanya itu saja, jenis mobil MPV juga irit bensin sehingga biaya operasional perjalanannya tentu lebih hemat. Apabila dilihat dari harga sewanya, jenis-jenis mobil MPV ini tampak jauh lebih murah daripada jenis mobil mewah. Oleh karenanya, anda harus booking mobilnya mulai dari sekarang di rental mobil Solo sebelum kehabisan.

2. Lakukan Pengecekan Kondisi Mobil Secara Keseluruhan

Masing-masing perusahaan rental mobil tentunya akan mempersiapkan mobil yang sudah siap jalan untuk para konsumennya. Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa kita tidak melakukan pengecekan kondisi mobilnya terlebih dulu. Sebaiknya anda melakukan pengecekan dulu pada kondisi mobilnya secara keseluruhan, sebelum anda memutuskan untuk menyewanya. Pasalnya, pengecekan mobil juga sangat erat kaitannya dengan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Dalam hal ini, anda harus memastikan bahwa mobilnya sudah siap pakai.

3. Memperlakukan Mobil Rental Dengan Baik

Jangan mentang-mentang mobil yang digunakan itu adalah mobil rental, sehingga anda memperlakukannya dengan tidak baik. Apalagi pihak perusahaan rentalnya tidak akan menanggung biaya kerusakan, sehingga anda harus lebih berhati-hati lagi dalam mengendarainya. Maka dari itu, perlakukanlah mobil rental tersebut layaknya mobil pribadi anda. Seandainya memang terjadi kerusakan secara disengaja maupun tidak disengaja, maka anda harus memperbaiki mobilnya pada bengkel yang sesuai dengan standard perusahaan rentalnya.

4. Jangan Lupa Untuk Meminta Contact Person Rental Mobilnya

Tips berikutnya yang harus anda lakukan, yakni jangan lupa untuk meminta contact person perusahaan rental mobilnya. Mengapa harus demikian? Ya, hal ini bertujuan untuk jaga-jaga, agar perjalanan mudiknya lebih lancar. Dengan memiliki contact personnya, anda pun bisa menghubungi mereka jika dalam perjalanan terjadi hal-hal yang diluar perkiraan seperti kecelakaan dan lain sebagainya.

5. Menggunakan Jasa Driver

Agar biaya sewa mobilnya lebih hemat lagi, anda hanya cukup menyewa mobilnya saja. Namun bagi anda yang hendak melakukan perjalanan jarak jauh, tentunya anda membutuhkan joki agar bisa bergantian dalam mengemudikannya. Masih mending jika salah satu anggota keluarga anda ada yang bisa mengendarai mobil. Tapi kalau tidak ada yang bisa menggunakan mobil, bagaimana jadinya kan? Maka dari itu, pertimbangkan lagi mengenai jasa driver demi kelancaran dan keselamatan selama perjalanan mudik.

Sebagai solusi terbaiknya, tentu saja anda harus menggunakan jasa driver yang sudah berpengalaman dalam menempuh perjalanan jarak jauh. Dengan begitu, anda dan keluarga pun akan merasa nyaman selama perjalanan mudiknya. Tak hanya itu, pertimbangkan juga tingkat stress di jalanan yang kerap macet total. Ya, bagi yang tidak terbiasa dengan kondisi jalanan yang macet parah, tentu saja akan menjadi sebuah perjalanan yang sangat melelahkan sehingga rasa stress pun kian meningkat. Jika kondisi mood terganggu, tentunya dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Namun, semua masalah tersebut tidak akan terjadi apabila anda menggunakan jasa driver. Anda bisa menggunakan jasa driver yang telah disediakan oleh pihak perusahaan rental mobilnya, atau juga bisa membawa driver sendiri.

Nah, seperti itulah tips yang benar saat anda hendak menyewa mobil di rental mobil Solo. Selamat berlibur, dan jangan lupa berdoa untuk meminta keselamatan.

Loading...