Ekonomi dan Bisnis

10 Hari Usai Dilantik, Prabowo Janji Kembalikan Lahan HGU ke Negara 

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji akan menyerahkan seluruh saham perusahaan yang berdiri di lahan Hak Guna Usaha (HGU) miliknya kepada negara.

Penyerahan mayoritas saham itu akan dilakukan Prabowo dalam 10 hari setelah dilantik, jika terpilih pada Pilpres 2019.

“Sekarang saya memutuskan, paling lambat 10 hari sesudah saya dilantik. Saham-saham dalam perusahaan-perusahaan saya yang menguasai HGU, mayoritasnya akan saya serahkan kepada Republik Indonesia,” kata Prabowo saat menyampaikan pembekalan kepada Relawan Prabowo-Sandiaga di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat (15/3).

BACA JUGA: Polemik Lahan Prabowo yang Luasnya 5 Kali Jakarta

Baca Juga:  Pilkada DKI, Prabowo: Ini Perjuangan Melawan Dua Goliat

Mantan Danjen Kopassus itu mengaku tak ragu melakukan hal tersebut karena memang sejak muda telah bertekad akan membela kepentingan RI, termasuk menjaga kekayaan RI untuk rakyat.

“Saya dari sejak umur 18 tahun saya sudah tanda tangan siap mati untuk republik ini. Jangankan harta, jangankan harta, jangankan harta, jiwa-raga saya milik bangsa Indonesia. Saya dari dulu prajurit tempur, saya di depan. Saya memimpin dari depan. Kalau saya terjun saya nomor satu,” katanya.

Sebelumnya, Prabowo menyinggung tentang pihak-pihak tertentu yang terus mengejek dan menghinanya terkait kepemilikan lahan HGU seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur.

Baca Juga:  Tangis dan Tawa Warnai Acara Perpisahan Sri Mulyani di Bank Dunia: Saya Cinta RI dan Harus Kembali

“Saudara-saudara sekalian, ada yang terus ejek saya, ada yg terus fitnah saya, ada yang terus menghina saya, tidak jadi masalah. Emang gue pikirin. Saudara-saudara sekalian, ada yang mempermasalahkan, saya sebagai pengusaha ya, katanya saya menguasai 220 ribu hektare tanah di Kalimantan Timur, itu salah. Tidak 220 ribu, (tapi) hampir 400 ribu (hektare).” kata dia.

BACA JUGA: Ombudsman: Lahan Prabowo Bukan HGU tapi HTI

Meskipun demikian, Prabowo berujar ia telah menyampaikan pada ratusan juta rakyat Indonesia melalui televisi bahwa tanah itu siap ia kembalikan jika diminta negara. Ia juga menuturkan pencalonannya bersama Sandiaga Uno dalam pilpres kali ini lantaran ingin menjadi alat untuk rakyat.

Baca Juga:  BPN: Prabowo Tanya Soal Unicorn Karena Bahasa Inggris Jokowi Belepotan

“Tapi saya sudah katakan di depan TV, saya katakan disaksikan oleh puluhan juta, ratusan juta orang bahwa setiap saat negara meminta kembali tanah itu dengan segera saya serahkan kembali,” kata dia.