Nasional

Dianggap Telah Menghina Agus Salim, PDIP Desak Rocky Gerung Lepas Kewarganegaraan

Rocky Gerung
Rocky Gerung. [Foto: TEMPO/Muradi]

Sekertaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto angkat bicara soal Rocky Gerung yang diduga telah menghina KH Agus Salim.

Hasto menilai, tidak sepantasnya Rocky Gerung sebagai anak bangsa mengeluarkan pernyataan yang merendahkan pahlawan bangsa.

Menurut Hasto, sosok Agus Salim sangat berjasa buat Indonesia lewat kemampuan diplomasinya yang luar biasa.

“Tidak pantas diucapkan anak bangsa. Rocky sama sekali tidak memahami bagaimana perjuangan KH Agus Salim yang begitu dihormati dengan kemampuan diplomasinya yang luar biasa,” kata Hasto di Aceh Selatan, Kamis (7/2/2019).

“Berkat jasa Kiai Agus Salim, kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah,” imbuhnya.

Hasto pun mendesak Rocky melepas status kewarganegarannya karena dianggap telah menghina dan tidak menghormati pahlawan bangsa.

“Atas hinaan yang ditujukan kepada kiai Agus Salim tersebut, PDI Perjuangan mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia daripada tidak bisa menghormati pahlawan bangsanya,” ujar Sekjen PDI Perjuangan itu.

Lebih lanjut Hasto mengungkapkan bahwa PDIP akan membawa persoalan itu ke ranah hukum. Sebab, menurutnya, dugaan penghinaan yang dilakukan Dosen Filsafat UI tersebut berpotensi memecah bela persatuan.

“Mereka yang menghina pahlawan nasional bangsanya, sama saja tidak punya patriotisme dan hanya menjadi benalu pemecah belah bangsa,” jelas Hasto.

Sekjen PDI Perjuangan yang juga sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, di sela-sela Safari Kebangsaan X di Blangpidie, Aceh Barat Daya, Kamis (7/3/2019). (Foto: Tribunnews/Fransiskus Adhiyuda)

Sebelumnya, Forum Anak Nagari di Sumatera Barat melaporkan Rocky Gerung ke Kepolisian Daerah Sumatera Barat pada Rabu (5/3/2019).

Rocky dilaporkan karena diduga menghina pahlawan nasional asal Sumatera Barat, KH Agus Salim.

Rocky dalam salah satu acara sempat menyebut wajah Agus Salim seperti kambing lantaran pahlawan asal Koto Gadang, Sumatera Barat, itu memiliki jenggot.

Dikutip dari tayangan video yang diunggah di akun Twitter Hanum Rais, @hanumrais, berikut pernyataan Rocky Gerung di Adi Tv yang menuai polemik:

“Saya ulangi ceritanya lagi yang belum dengar, dalam satu perdebatan politik, Haji Agus Salim, Anda tahu kan wajahnya Haji Agus Salim kayak kambing ada jenggot di sini, tahu ya milenial? Pernah lihat wajah Agus Salim? Jenggot,” kata Rocky Gerung.

“Haji Agus Salim lagi kasih ceramah di depan Adi Tv, pada waktu itu kita anggap saja sudah ada Adi Tv. Lalu ada penganggu dari ujung sana, mulai, “mbee..mbee.. (suara kambing).”

“Haji Agus Salim enggak bilang silahkan upload, Haji Agus Salim bilang begini, saudara-saudara panitia setahu saya, saya diundang di forum manusia, mengapa ada binatang di ujung sana?.”

“Itu datang dari kecerdasan, kan begitu kita inginkan kan? Sehingga si makhluk penganggu tadi diam-diam dia pulang sebelum sempat men-download aqua,” imbuh Rocky.