Female

Tips Perawatan Payudara untuk Wanita

Banyak wanita yang ternyata menyepelekan kesehatan payudara, dan menganggap bahwa payudara tidak akan menimbulkan masalah ataupun penyakit. Padahal selain wajah, payudara merupakan bagian tubuh wanita yang paling menarik dan tentu saja paling sering mendapatkan perhatian. Tidak hanya bagi kebanyakan manusia atau lawan jenis, namun bagi kaum hawa sendiri payudara sangatlah penting.

Terutama ketika anda sudah mengandung dan juga melahirkan anak. Dari payudara lah bayi bisa mendapatkan ASI sebagai salah satu asupan utama yang dapat menyehatkan dan juga mendukung tumbuh kembang bayi tersebut. Perawatan payudara sendiri seringkali disepelekan. Sebenarnya payudara yang ideal seringkali diibaratkan dengan kondisi payudara yang sehat, kencang dan juga cantik, serta seksi.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai payudara, tentu saja hal yang paling penting adalah tips bagaimana merawat atau melakukan perawatan.  Payudara bukan hanya cantik dan seksi saja, namun tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Anda tidak perlu khawatir, bagi anda para wanita. Berikut ini adalah tips perawatan payudara yang ampuh dan juga sangat baik untuk kesehatan :

  • Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Pertama untuk melakukan perawatan payudara agar tetap sehat dan juga memiliki bentuk yang indah, adalah dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Semua yang anda makan nyatanya sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk salah satunya adalah payudara. Khususnya bagi Anda yang sedang menyusui atau baru saja melahirkan.

Makanan yang sehat dapat membantu mengurangi adanya penyakit yang bisa menyerang payudara, terutama masalah yang paling ditakutkan oleh wanita yakni kanker payudara. Dengan memperbanyak konsumsi sayur dan juga buah setiap harinya, Anda bisa terhindar dari kanker payudara. Karena sayur dan buah mengandung flavonoid dan juga karotenoid yang berguna untuk menjaga payudara agar tetap sehat.

  • Menghindari Stress

Selanjutnya untuk merawat atau melakukan perawatan payudara. Ada baiknya anda menghindari stres ataupun tekanan baik karena pekerjaan ataupun karena pola hidup yang tidak sehat. Perlu Anda ketahui nyatanya stres dapat menimbulkan berbagai penyakit dan juga masalah pada tubuh. Salah satunya adalah akan mengganggu kestabilan hormon Anda, sehingga bisa memicu berbagai penyakit. Salah satunya adalah kanker payudara.

Untuk itu orang yang stres umumnya mencari pelarian dalam melakukan semua hal yang ia sukai, Meskipun tidak sehat untuk tubuh seperti halnya, merokok, minum minuman beralkoho,l dan juga makan berlebihan. Walaupun hal tersebut bisa membuat rileks, Namun nyatanya hal tersebut bisa menimbulkan penyakit. Solusi yang paling mudah menurut University of Pittsburgh Medical Center Health Lifestyle yakni mengelola stres anda dengan berbagai cara positif. Sehingga kesehatan payudara dan tubuh anda tetap terjaga.

  • Olahraga

Cara selanjutnya untuk melakukan perawatan payudara agar tetap sehat dan juga kencang, yakni melakukan olahraga secara rutin. Di mana olahraga ini merupakan salah satu cara untuk merawat payudara yang paling mudah yang bisa anda lakukan. Olahraga juga tidak memerlukan objek yang terlalu besar dan bisa dilakukan, kapanpun serta dimanapun.

Olahraga nyatanya dapat menyehatkan payudara serta membantu mengencangkan payudara sehingga mencegah berbagai masalah, seperti halnya payudara kendur atau timbulnya tumor dan juga hormon pemicu kanker. Dilansir dari self American Cancer Society, para wanita yang melakukan olahraga aerobic, dapat menjaga kesehatan payudara nya dan memiliki resiko yang sangat jauh dari kanker payudara.

  • Massage atau SADARI

Ketika ada mandi atau melakukan massage di sekitar payudara, sangat penting untuk dilakukan dalam waktu 2 atau hingga 3 hari sekali. Hal ini dikarenakan penyakit pada payudara sendiri, seringkali letaknya tersembunyi. Sehingga wanita sering mengabaikan kesehatan payudaranya sendiri. Padahal Anda harus mengenali tanda-tanda payudara yang normal dan juga sehat, serta yang tidak normal untuk membantu mendeteksi dini kanker payudara yang terjadi.

Langkah paling mudah adalah dengan melakukan SADARI, alias periksa payudara sendiri dengan rutin. Untuk melakukan sadari anda hanya membutuhkan tangan, mata, dan bantuan cermin. Untuk melihat apakah ada perubahan baik bentuk maupun struktur payudara Anda. Selain itu waktu terbaik untuk melakukan sadari ya ini beberapa hari setelah menstruasi Anda selesai.

  • Deteksi Dini atau Mamografi

Jika anda ingin melakukan pencegahan secara dini dan juga mendeteksi, Apakah anda memiliki masalah pada payudara ataupun melakukan perawatan payudara. Maka anda bisa melakukan mamografi. Di mana tes skrining ini bisa melihat, Apakah payudara yang anda miliki tetap sehat dan juga mendeteksi.

Apakah adanya sel kanker atau tidak pada payudara, mamografi sendiri masuk ke dalam prosedur medis yang dibantu dengan radiasi sinar-x dosis rendah pada payudara. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memungkinkan melihat adanya sel-sel yang berbahaya pada payudara atau mendeteksi. Apakah payudara anda tetap sehat atau tidak umumnya mamografi ini bisa dilakukan kurang lebih 2 tahun sekali, terutama untuk Anda yang sudah memasuki usia 50 tahun keatas.

Itulah kelima cara ampuh yang bisa membantu melakukan perawatan payudara agar tetap sehat, dan juga kencang. Perlu Anda sadari bahwa payudara sendiri bukan hanya cantik dan juga seksi. Namun payudara yang ideal adalah payudara yang sehat yang tidak menimbulkan berbagai penyakit, dan dapat membantu anda menjadi seorang wanita yang seutuhnya hingga Anda menyusui nantinya.

Loading...