Kesehatan

Mengintip Buah-Buahan Untuk Ibu Hamil Yang Punya Segudang Manfaat

Saat hamil, Anda tentu makin memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin. Selain mengonsumsi sayur dan daging serta telur sebagai sumber protein, Anda juga harus menyantap buah buahan untuk ibu hamil. Buah-buahan ini menjadi sumber kebutuhan vitamin dan mineral pada ibu hamil. Nah, di antara sekian banyak buah yang ada, sering kan Anda mendengar kalau buah ini itu tak boleh dikonsumsi karena berbagai alasan.

Tapi untuk membuktikannya, coba cek informasi berikut ini mengenai buah-buahan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan:

Aprikot

Aprikot memang bukan buah asli Indonesia ya, tapi saat ini buah ini sudah banyak ditemui di supermarket besar kok. Aprikot merupakan buah yang karya akan vitamin A,C, E dan juga betakaroten, kalsium, serta potasium. Buah satu ini juga kaya kandungan zat besi sehingga baik sekali untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Dalam sehari, ibu hamil bisamengonsumsi 2 sampai 4 buah aprikot segar atau yang sudah dikeringkan.

Ceri

Meski kecil, ceri ternyata punya banyak manfaat. Buah satu ini kaya akan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh ibu hamil dan mencegah terkena flu. Mengonsumsi ceri juga akan membantu Anda memaksimalkan penyaluran makanan pada janin. Selain itu, ceri sangat banyak mengandung melatonin, hormon antioksidan yang sangat kuat dan bisa menstimulasi pertumbuhan sel selama masa kehamilan. Tak cuma itu saja, melatonin yang ada di dalam buah ceri juga bermanfaat untuk membuat tubuh  lebih rileks sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyenyak di malam hari.

Baca Juga:  Jangan Sampai Keliru, Ini Cara Tepat Merawat Bayi yang Baru Lahir

Anggur

Untuk Anda yang selalu ingin ngemil saat hamil, anggur adalah pilihan yang tepat. Bentuknya yang mungil dan tak perlu dikupas sebelum dimakan menjadikannya mudah sekali dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, anggur juga kaya akan vitamin, antioksidan, serat, pektin, folic acid, yang akan membantu menyeimbangkan kondisi tubuh akibat perubahan hormon selama masa kehamilan. Selain itu, kandungan polifenol di dalam anggur juga membantu menguatkan fungsi hati.

Jambu

Jambu merupakan salah satu buah yang paling tinggi nutrisi dan vitamin C. Di dalamnya juga terdapat vitamin E, iso flavonoid, karotenoid, dan polifenol yang membantu menenangkan otot serta jaringan syaraf, mengurangi konstipasi, dan mencegah masalah pencernaan. Jambu juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil dan menyeimbangkan tekanan darah yang juga bisa mencegah terjadinya preeklampsia.

Kiwi

Si hijau yang satu ini memang selalu dikenal sebagai buah favorit selama kehamilan ya, bukan rahasia lagi kalau kiwi merupakan buah yang sangat kaya akan nutrisi, dan memiliki manfaat untuk sistem pernapasan. Selain itu, ibu hamil juga akan lebih sulit terkena flu dan masalah kesehatan lainnya jika rutin mengonsumsi kiwi selama hamil. Menyantap kiwi juga akan memperlancar penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Baca Juga:  200 Hari Pertama, Sandi Janji Tuntaskan Masalah BPJS Kesehatan

Apel

Apel merupakan buah yang sangat kaya akan serat dan juga antioksidan sehingga sangat bermanfaat untuk ibu dan juga janin. Buah satu ini juga bisa membantu mendetoks tubuh dari kelebihan merkuri yang mungkin ikut masuk dari olahan ikan. Kandungan di dalam apel pun membantu meningkatkan kekebalan dan imunitas dair janin. Untuk Anda yang sudah susah buang air besar selama hamil, buah apel ini juga sangat bermanfaat karena bisa memaksimalkan metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Mangga

Wah, ibu hamil pasti suka sekali dengan buah satu ini ya. Rasanya sangat manis sehingga bisa menggantikan keinginan ngemil jajanan yang kurang sehat seperti cake atau es krim. Tak hanya nikmat, mangga juga mengandung banyak vitamin C yang membantu memperlancara pencernaan, mengatasi sembeli, serta membantu suplai energi. Selain itu, mangga juga cukup tinggi kalori sehingga bisa mengenyangkan ibu hamil.

Pir

Buah satu ini juga banyak sekali ditemukan di Indonesia, dan harganya cukup terjangkau sehingga bisa dikonsumsi setiap hari. Dalam buah pir terkandung serat baik yang bisa mencegah sembelit dan potasium yang bisa memaksimalkan kinerja jantung janin. Selain itu, pir memiliki manfaat sangat penting yakni untuk menghindari penyakit yang menyerang syaraf batang otak pada janin. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, enak pula dijus atau dimasukkan ke dalam campuran salad.

Baca Juga:  Jokowi Teken Perpres Cukai Rokok untuk Tutupi Defisit BPJS Kesehatan

Semangka

Ibu hamil biasanya mudah merasa gerah dan haus. Nah, semangka ini adalah buah terbaik untuk dikonsumsi terutama ketika Anda ingin sesuatu yang berair dan manis. Di dalam semangka terkandung vitamin A, C, B6, magnesium, potasium, dan juga mineral serta serat. Di trimester ketiga saat ibu hamil sering mengalami heartburn, semangka membantu mengatasinya dan juga mengurangi kaki serta tangan dan juga kesemutan.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah terbaik untuk ibu hamil karena mengandung folat, vitamin C, B6, potasium, dan juga magnesium. Di dalam buah ini juga terdapat manfaat untuk menghidarkan Anda dari mual selama kehamilan. Buah satu ini paling baik dikonsumsi di trimester pertama ketika Anda sering merasa mabuk dan lemas.