Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto, yang menyebut ada uang milik warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri lebih dari Rp 11.000 triliun.

“Hebat banget, saya nggak tahu, saya cek dulu,” kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Kendati demikian, Luhut menilai angka itu tidaklah realistis.

“Tapi nggak mungkinlah, itu angka yang sangat fantastis,” tambahnya.

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan pidato kebangsaan  “Prabowo Menyapa Masyarakat dan Purnawirawan TNI/Polri” di Grand Pacific Hall Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/2/2019). Dalam pidatonya Prabowo menyinggung ada uang milik warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri lebih dari Rp 11.000 triliun.

“Uang Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri jumlahnya lebih dari Rp 11.000 triliun. Jumlah uang di bank-bank, di seluruh bank di dalam negeri jumlahnya Rp 5.400 triliun, berarti dua kali kekayaan Indonesia, ada di luar negeri,” kata Prabowo.

Dijelaskan Prabowo, uang yang milik WNI yang tersimpan di luar negeri jumlahnya sangat besar. Bahkan hal itu juga diakui oleh salah seorang menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

“Kekayaan Bangsa Indonesia tidak tinggal di Republik Indonesia. Kekayaan negara kita mengalir ke luar negeri dan ini diakui oleh menteri-menteri dari kabinet pemerintahan yang sekarang berkuasa,” kata Prabowo.

BACA JUGA: Prabowo Klaim Rp 11 Ribu Triliun Uang WNI Ada di Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *