Nasional

Bantah Pulpen Jadi Alat Komunikasi di Debat, Jokowi: Pulpen Ini? Nih!

Jokowi debat
Jokowi dalam debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Foto: Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay)

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bicara soal ramainya isu capres Joko Widodo (Jokowi) memakai earpiece saat debat kedua. Gerakan Jokowi yang sempat memegang daun telinga dan memencet pulpen saat berada di panggung debat memunculkan isu liar tersebut.

Jokowi pun menepis tuduhan itu mentah-mentah.

“Ini, pulpen ini? Pulpen ini kan? Nih!” kata Jokowi seraya menunjukkan pulpen kepada wartawan di Tanjung Lesung, Banten, Senin (18/2/2019).

Wartawan kemudian bertanya lagi apakah pulpen tersebut benar-benar pulpen.

“Ya dibuka aja,” kata Jokowi.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mendesak agar (TKN) Jokowi-Ma’ruf segera memberi penjelasan soal isu pemakaian earpiece itu.

“Kami tidak ingin ini menjadi isu dan fitnah kepada Pak Jokowi bahwa beliau pakai wireless earphone untuk mendengar jawaban. BPN nggak ingin ini jadi fitnah ke Pak Jokowi. Saya sarankan TKN supaya segera mengklarifikasi ini, supaya tidak jadi fitnah dan isu liar. Masak, incumbent pakai contekan,” kata Juru Bicara BPN Andre Rosiade, Senin (18/2).

Andre mengaku isu tersebut dia dapat karena viral di media sosial. Andre mengatakan, di media sosial warganet membicarakan soal gerakan Jokowi menekan pulpen dan memegang telinga, padahal tidak ada kertas sehingga dituding memakai earpiece saat debat.

“Kami membaca dan mengikuti viral di medsos ada tuduhan kepada Pak Jokowi menggunakan semacam pulpen yang dipencet-pencet, padahal nggak ada kertas. Terus ada foto Pak Jokowi memencet-mencet kupingnya. Jadi seolah Pak Jokowi pakai earphone. Kayak pakai alat two way talking,” ujarnya.

Jokowi pun menepis tuduhan itu dan menganggapnya sebagai fitnah tak bermutu.

“Ah, ada-ada aja sih. Itu fitnah-fitnah seperti itu jangan diterusin lah,” ujar Jokowi.

“Jangan membuat isu fitnah-fitnah yang nggak bermutu,” lanjutnya.