Kriminal

Ketua PA 212 Diperiksa, Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?

Amien Rais
Amien Rais dan sejumlah tokoh duduk di ruang tunggu Polresta Surakarta, Kamis 7 Februari 2019 untuk mendampingi Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif yang menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pelanggaran Pemilu. (Foto: Tempo/Ahmad Rafiq)

Amien Rais ikut hadir dalam pemeriksaan terhadap Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif, oleh Polresta Surakarta, Kamis (7/2/2019).

Amien mengatakan, kedatangannya di Mapolresta Surakarta untuk memberikan dukungan moral kepada Slamet Ma’arif. Sebab, dia juga merupakan bagian dari PA 212.

“Saya ke sini karena saya ini ketua penasihat alumni 212. Saya diminta datang ke Solo memberikan dukungan moral,” kata Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Baca Juga:  Ismail Ibrahim, Mahasiswa Pelaku Kerusuhan pada Aksi 4 November Ditangkap di Rumah Anggota DPD

Dalam kesempatan itu, Amien mengarahkan pertanyaan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) tekait proses hukum yang membelit Slamet Ma’arif.

“Saya ingatkan Pak Jokowi. Pak Jokowi, apa sih maumu?” katanya.

Amien Rais

Amien Rais di Mapolresta Surakarta, Kamis (7/2/2019). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Amien pun mengingatkan kepada kepolisian agar tetap menjaga profesionalitasnya dalam melaksanakan penyidikan.

“Saya titip tolong pegang IPT, ikhlas, profesional, terpercaya,” ujarnya.

Amien tiba di Mapolresta Surakarta sekitar pukul 10.20 WIB. Mantan Ketua MPR RI itu hadir dengan mengenakan kemeja jins biru dengan topi abu-abu.

Baca Juga:  Pengacara Ahok Sebut Saksi Pernah Mau Gulingkan Ahok Tapi Gagal

Kendati jumlah pendamping sempat dibatasi, Amien akhirnya bisa ikut masuk ke dalam Mapolresta Surakarta. Amien masuk terlebih dahulu, kemudian disusul Slamet Ma’arif.

Amien Rais

Amien Rais dan Ketua PA 212 Slamet Ma’arif di Polresta Surakarta, Kamis (7/2/2019). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Diketahui, Slamet Ma’arif diduga melakukan pelanggaran pemilu. Dia dianggap melakukan kampanye saat menjadi pembicara di acara tablig akbar PA 212 Solo Raya pada 13 Januari 2019 lalu.

Baca Juga:  Sindir Jokowi, Putri Amien Rais: Datang ke Rumah Baik-baik, Gak Usah Pakai Setingan

Slamet kemudian dilaporkan oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Surakarta, Her Suprabu pada keesokan harinya. Setelah dua pekan, Bawaslu dan tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) melanjutkan proses ke penyidikan kepolisian.