Kriminal

Segera Diadili, Habib Bahar bin Smith Pose Salam 2 Jari

Habib Bahar bin Smith [Suara.com/Rambiga]

Jurnalindonesia – Habib Bahar bin Smith, tersangka kasus dugaan penganiayaan terhadap dua orang remaja, mendatangi Mapolres Bogor, Jawa Barat, Senin (4/01/2019).

Habib Bahar tiba di Mapolres Bogor sekira pukul 09.44 WIB. Dengan pengawalan kendaraan lapis baja, Habib Bahar nampak turun dari mobil Dit Tahti Polda Jawa Barat langsung menuju ruang Satreskrim Polres Bogor.

Pria berambut pirang itu pun tidak banyak bicara hanya sesekali melempar senyum kepada awak media. Ketika ditanya terkait kondisi kesehatannya, Habib Bahar hanya menjawabnya dengan singkat.

“Sehat,” singkat Habib Bahar, kepada wartawan.

Habib Bahar keluar dari Kejaksaan Negeri Cibinong dengan pengawalan ketat aparat kepolisian sekitar pukul 12.10 WIB.

Seraya tersenyum, lelaki berambut pirang itu perlahan berjalan menuju mobil tahanan Dit Tahti Polda Jawa Barat.

Baca Juga:  Habib Bahar Dicekal Terkait Kasus Penghinan Terhadap Jokowi

Namun, saat hendak masuk ke dalam mobil, Habib Bahar tampak berpose simbol 2 jari dengan tangan kanannya kepada awak media di lokasi.

Kuasa Hukum Habib Bahar dari Bantuan Hukum FPI, M Ichwan Tuankotta, mengatakan kasus penganiayaan tersebut sudah dinyatakan lengkap dan diserahkan masuk ke Kejaksaan Negeri Cibinong.

“Sudah lengkap (P21). Jadi 20 hari ke depan, Habib Bahar, Habib Agil dan Haji Basit menjadi tahanan kejaksaan,” kata Ichwan kepada wartawan.

Namun, pihaknya merasa kecewa dengan kembali dititipkannya Habib Bahar ke Polda Jawa Barat. Untuk selanjutnya, ia akan mengajukan penangguhan penahanan kepada kejaksaan.

“Tentunya tidak terima karena beliau harus jauh ke Polda Jawa Barat lagi, karena sesuai dengan prosedur harusnya di lapas. Tapi karena alasan keamanan, takut ada massa, jadi dititip di sana. Tapi buktinya mana? Tidak ada, itu hanya suatu kekehawatiran yang berlebihan. Kami akan ajukan penangguhan penahanan.”

Baca Juga:  Habib Bahar: Andai Presidennya Bapak Saya, Pun Bakal Saya Bilang Banci

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti kedatangannya ke Mapolres Bogor. Habib Bahar masih berada di ruangan Satreskrim Polres Bogor yang dijaga aparat kepolisian bersenjata lengkap.

Seperti diketahui, Habib Bahar bin Smith tersangkut kasus hukum lantaran diduga menganiaya dua remaja berinisial CAJ (18) dan MKUAM (17) yang mengaku-ngaku sebagai dirinya saat berada di Bali.

Kedua anak itu diduga dianiaya di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin miliknya di Kamping Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin 1 Desember 2018 silam.

Baca Juga:  Sandiaga: Habib Bahar Tokoh Agama, yang Disampaikan Penuh Makna

Ia pun ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Ditreskrimum Polda Jawa Barat. Habib Bahar dijerat dengan Pasal 170 Ayat (2), Pasal 351 Ayat (2), Pasal 333 Ayat (2), dan Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.