Friday, December 7, 2018

Perawatan Mobil Harga Fantastis Di Kalangan Pejabat Tanah Air


Tips merawat mobil memang perlu anda lakukan dengan cukup baik, mengapa? Hal tersebut karena keberlangsungan umur mesin mobil anda. Banyak saat ini orang-orang mulai berlomba membeli mobil dengan harga fantastis, baik itu dari kalangan artis, pengusaha maupun pejabat pemerintahan. Banyak sekali pejabat pemerintahan yang melakukan perawatan terhadap mobil mereka dengan harga yang dibilang cukup mahal.

Mobil yang dibeli para pejabat tersebut memang diharuskan untuk dilakukan perawatan setiap bulannya, diketahui jika pejabat sekelas bupati ataupun wali kota mendapatkan gaji bersih mereka sekitar 50 juta rupiah per bulannya maka biaya untuk perawatan koleksi mobil mereka membutuhkan uang yang sangat banyak lebih dari gaji mereka.

Pengamat otomotif seperti Jusri Pulubuhu telah memberikan statement nya jika untuk mobil dengan harga Rp. 5 miliar saja dengan biaya awal yang tampak adalah pada pengurusan surat tanda nomor kendaraan atau STNK yang terdapat pada setiap tahunnya.

Setelah di beli mobil dengan harga angka pembelian adalah Rp5 miliar, maka saya dapat memastikan bahwa pajaknya di atas Rp50 juta untuk pengurusan STNK per tahun. Hal tersebut belum lagi ditambah dengan biaya perawatan, ujar Jusri. Selain itu juga Jusri mengatakan bahwa rata-rata kendaraan mewah tersebut yang dibeli hanya sebatas untuk di pamer-pamerkan di garasi rumah mereka guna untuk memperlihatkan ekstensi dan reputasi mereka saja. Jarang dari mobil tersebut yang dipakai untuk berkeliling apalagi sebagai kendaraan operasional kerja.

Namun walaupun hanya diparkir di garasi rumah mereka, tetap saja biaya perawatan kendaraan mewah tersebut tergolong tidak main-main. Perlu diketahui jika uang minimal setiap bulannya yang harus dikeluarkan oleh pemilik adalah Rp5 juta sampai dengan Rp10 juta. Tentunya biaya tersebut sudah termasuk untuk menghidupkan baterai, perawatan-perawatan dan juga penggantian oli, sampai pada pengoperasian mobil anda seperti ban agar tidak cepat hancur.

Maka dari itu memang untuk mobil yang tidak terpakai, jika dipakai akan lebih besar lagi biayanya. Diketahui jika mobil dengan harga Rp. 1 miliar saja bisa mengeluarkan biaya perawatannya sampai dengan Rp5 juta, itu untuk kategori mobil umum saja bukan supercar. Jika memang dibandingkan dengan renumerasi gaji yang didapatkan pejabat tentu tidak masuk akan, demikian yang dikatakan Jusri.

Menurut Jusri bagi sendiri bahwa dari mulai kalangan menengah atas biaya jutaan hanya digunakan untuk perawatan mobil saja itu pun termasuk hal yang normal. Apalagi untuk pengusaha-pengusaha yang tergolong memang berduit. Apalagi memang biaya perawatan mobil di Indonesia itu tergolong murah. bandingkan dengan dibeberapa negara seperti jepang yang notabene adalah negara teknologi. Mereka menerapkan pajak yang tinggi untuk mobil. Tujuanya agar tidak mudah seseorang memiliki mobil.

Ia juga telah mengatakan jika pengusaha sampai tidak mempunyai ratusan koleksi mobil mewah dan motor yang tergolong cukup mahal di garasinya dan hal tersebut masih dianggap wajar. Hal tersebut yang akhirnya bisa menginspirasi banyak generasi baru, yang ingin memiliki mobil mewah dengan berbagai cara.

Maka dari itu memang hal seperti ini harus diberikan beberapa sanksi sosial di samping adanya sanksi pidana, bisa juga dengan beramai-ramai mengucilkan kelompok tersebut, hal tersebut yang dikatakan oleh Jusri. Sebaiknya anda melakukan perawatan mobil secara berkala dan menggunakan mobil yang memang sesuai dengan kondisi anda lakukan perawatan berdasarkan tips merawat mobil yang baik dan benar.
close