Wednesday, November 28, 2018

Radhwa Athaya, WNI yang Hilang di Osaka Akhirnya Ditemukan

Jurnalindonesia.co.id - Radhwa Athaya Yulianzalika, Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat dikabarkan hilang di Osaka, Jepang, telah ditemukan. Radhwa dalam keadaan sehat dan akan segera dipulangkan ke Indonesia.

Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal menuturkan, pihak perwakilan Indonesia telah menemukan Rahdwa dan telah menyampaikan kabar ini kepada keluarganya.

"Iya, sudah ditemukan dalam keadaan sehat, dan saat ini dalam proses untuk dipulangkan," kata Lalu, Rabu (28/11/2018).

Baca Juga: Wikipedia Dibobol, Hacker Ubah Foto di Profil Donald Trump

Informasi soal Radhwa Athaya Yulianzalika sebelumnya beredar lewat Instagram Story. Saat dihubungi, kakak Radhwa, yang bernama Nahla, mengatakan adiknya itu tidak bisa dihubungi sejak 30 Oktober 2018. Saat dicek ke apartemen lamanya, tidak ada siapa-siapa di apartemen tersebut.

"Keluarga berharap jika ada yang memiliki informasi dapat memberi tahu," kata Nahla, Senin (26/11/2018).

Baca Juga: Setahun Hilang, Kapal Selam Argentina yang Lenyap Bersama 44 Awaknya Ditemukan

Menurut sang kakak, Nahla, Radhwa memang bermukim di Osaka sejak 2015 lalu. Radhwa dikabarkan tinggal seorang diri di sana untuk menempuh pendidikan bahasa dan anime. Nahla menyebut sang adik sempat bekerja di perusahaan properti Century 21.

KJRI Osaka, Jepang, kemudian melakukan penelusuran terkait dengan kabar hilangnya WNI bernama Radhwa Athaya Yulianzalika itu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan kontak dengan kepolisian Jepang.

"Kami juga langsung mengontak Imigrasi dan kepolisian setempat, namun otoritas-otoritas setempat tidak memiliki info keberadaan yang bersangkutan," kata Fajar FirdausKonsul Sosial Budaya KJRI Osaka, Fajar Firdaus.
close