Uncategorized

Stephen Hillenburg, Pencipta Spongebob Meninggal Dunia

Jurnalindonesia.co.id – Pencipta tokoh animasi anak-anak Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Kabar ini dipastikan oleh Nickelodeon, yang telah menyiarkan serial kartun itu sejak 1999.

Dalam pernyataan resmi, perusahaan penyiaran itu menyebut, Stephen meninggal dunia karena menderita amyotrophic lateral sclerosis atau ALS. Hillenburg memang sebelumnya sempat mengumumkan bahwa dia menderita penyakit ALS, penyakit neurodegenerative progresif, pada tahun lalu.

Hillenburg diketahui mendapat diagnosa penyakit itu pada Maret 2017.

“Kami sedih membagikan berita meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants,” cuit Nickelodeon.

“Hari ini kami mengheningkan cipta untuk menghormati hidup dan karyanya.”

Serial animasi SpongeBob SquarePants pertama kali ditayangkan pada 1999.
NICKELODEON

Perusahaan itu menambahkan, “Steve menanamkan ‘SpongeBob SquarePants’ dengan humor dan kepolosan yang membawa kebahagiaan kepada generasi anak-anak dan keluarga di mana-mana.”

Baca Juga:  Jokowi Kembali Masuk Daftar Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

“Karakter-karakter orisinalnya dan dunia Bikini Bottom akan menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tak terbatas.”

Seiring dengan merebaknya kabar kematian Hillenburg, para penggemar SpongeBob mengunggah ucapan terima kasih kepada mendiang atas karyanya yang “memperkaya hidup” dan “menciptakan tawa untuk bertahun-tahun ke depan”.

https://twitter.com/jillboard/status/1067488843203457024

https://twitter.com/ERCboxoffice/status/1067474549099249664

https://www.facebook.com/131485521028492/videos/802298080112568/

Selain menciptakan karakter-karakter dalam serial SpongeBob, Hillenburg juga menyutradarai The SpongeBob SquarePants Movie yang dirilis pada 2004.

Serial SpongeBob SquarePants sudah ditayangkan sebanyak lebih dari 200 episode dan ditampilkan di panggung Broadway disertai musik orisinal David Bowie, John Legend, dan Cyndi Lauper.

Penampilan SpongeBob versi Broadway itu memenangi piala Tony Award awal tahun ini.

Baca Juga: Radhwa Athaya, WNI yang Hilang di Osaka Akhirnya Ditemukan

Baca Juga:  Setelah Tolak Lamaran Pemilik Sekolah, Seorang Guru Tewas dibakar

Stephen terkenal lewat serial Nickelodeon yang diluncurkan pada 1999 yang menceritakan tentang sponge berwarna kuning dan teman-temannya di Kota Bikini Bottom di kedalaman Samudra Pasifik. Serial tersebut menarik bagi anak-anak, keluarga, dan mahasiswa, yang kemudian menjadi lisensi global.

Serial tersebut ditayangkan dalam lebih 60 bahasa, termasuk Azerbaijan. Hillenburg juga dinominasikan sembilan kali untuk Emmy Award.

“Dia adalah teman terkasih dan partner kreatif untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami pergi untuk seluruh keluarganya,” demikian pernyataan jaringan tersebut.

“Steve memberikan Spongebob Squarepants dengan rasa humor yang unik yang telah membawa kebahagiaan bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana-mana,” tambahnya.

Kepergian Hillenburg ini menyisakan duka bagi penggemar serial Spongebob. Karyanya disebut memberikan inspirasi bagi semua orang.

Baca Juga:  Bahkan Timses Prabowo pun Kecam Fadli Zon Terkait Lagu 'Potong BebekAngksa PKI'

“Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas,” sambungnya,

Hillenburg lahir di pos Angkatan Darat AS di Lawton, Oklahoma, dari seorang ayah yang bertugas di militer, yang kemudian menjadi juru gambar dan desainer untuk perusahaan kedirgantaraan. Ibunya merupakan seorang pengajar siswa tunanetra.

Mendiang Hillenburg meninggalkan istrinya yang dinikahinya selama 20 tahun, Karen Hillenburg. Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Clay.