Uncategorized

Sindir Titiek? Kirana Larasati Ikut Challenge 'Rp 50 Ribu Dapat Apa'

Jurnalindonesia.co.id – Kritik ‘Rp 50 Ribu Dapat Apa’ yang dilontarkan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, kini viral di media sosial.

Artis yang kini maju jadi calon anggota DPR, Kirana Larasati ikut menanggapi kritikan itu dengan membuat video berbelanja di pasar dengan uang Rp 50 ribu. Seakan-akan menyindir Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Titiek Soeharto tersebut.

Di video yang viral di Twitter, Kirana pergi ke pasar tradisional di Gedebage, Bandung. Di sana dia membeli sejumlah kebutuhan bahan pokok.

Video itu diunggah di akun Twitter @_kiranalara pada Selasa (19/11). Video berdurasi sekitar 2 menit itu memperlihatkan Kirana yang berpakaian kasual dengan jaket hitam bernomor 3 di punggungnya asik pergi ke pasar tradisional di Gedebage, Bandung. Disana dia membeli sejumlah bahan pangan.

Baca Juga:

“Hai guys, kita udah ada di Pasar Gedebage Bandun. Kita mau ngetes Rp 50 ribu dapat apa aja. Yang aku dengar dengan RP 50 Ribu nggak bisa dapat apa-apa ya,” kata Kirana dalam video yang diunggahnya, Senin (19/11/2018).

Baca Juga:  NU dan Muhammadiyah Tak Lagi Beda Ijtihad soal Insiden PembakaranBendera

https://twitter.com/_kiranalara/status/1064414465892921345

Pertama, Kirana mendatangi pedagang bumbu dapur. Dia memberi Rp 10 ribu untuk membeli bawang merah, bawang putih, dan cabai.

“Mau beli bumbu dapur Rp 10 ribu bawang merah, bawang putih, cabai-cabai bisa?” tanya Kirana.

“Bisa,” jawab pedagang.

Setelah itu Kirana berjalan lagi. Kali ini dia membeli daging ayam 0,5 kilogram seharga Rp 16 ribu. Uang sisanya dia belikan juga tempe dan tahu.

“Tahu Rp 15 ribu dapat segini banyak dan tempe sebesar ini. Telur Rp 9 ribu dapat 7 butir. Guys kita dapat kesimpulan Rp 50 ribu dapat sumbe bahan pokok yang baik buat sekeluarga. Jangan percaya sama hoax ya,” kata Kirana.

Kirana menjelaskan bahwa pembuatan video yang sempat viral ini adalah atas kemauan sendiri.

Baca Juga:  Koruptor Mengadili Koruptor, Ini Dagelan Jeruk Makan Jeruk

“(Pembuatan video ini) inisiatif sendiri, setelah sebelumnya saya blusukan ke pasar di Bandung (Pasar Haur Pancuh), saya melihat langsung kalau harga-harga kebutuhan pokok sangat terkendali dan terjangkau,” kata Kirana.

Baca Juga: Habiburokhman: Rp 50 Ribu Sekarang Gak Cukup Buat Jajan Bakso 2 Orang

Kirana menyebut bahwa pembuatan video itu sangat sederhana. Dia hanya memanfaatkan kamera ponselnya dengan bantuan teman-temannya untuk merekam.

Meski atas inisiatif sendiri, mantan aktris ini berharap banyak yang membuat video serupa. Kirana berharap perdebatan politik ke depan lebih didasari data dan fakta.

“Saya pun berharap demikian. Adu data dan sebar energi positif,” kata Kirana dengan menambahkan emotikon senyum.

Lalu, apakah video ini khusus untuk menyindir Titiek?

“He-he-he, nyindir orang-orang yang cuma bisa bicara tapi ga bisa membuktikan dengan fakta. Sekaligus memberi contoh kepada masyarakat kita untuk tidak percaya hoax atau berita bohong yang direkayasa demi kepentingan politik,” jawab Kirana.

Baca Juga:  PA 212 Larang Massa Reuni Akbar ke Istiqlal, Ini Alasannya

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya Titiek Soeharto mengatakan bahwa harga-harga semakin mahal. Menurutnya, ibu-ibu rumah tangga tak mendapat apa-apa saat berbelanja di pasar dengan selembar uang Rp50 ribu.

“Kesenjangan antara si kaya dan si miskin makin lebar. Ibu-ibu punya uang sekarang Rp50 ribu, ibu-ibu bisa beli apa kalau ke pasar? Sementara yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah miskin,” ucap Titiek saat berkampanye untuk pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Serang, Banten pada Rabu 14 November 2018.