Uncategorized

Pasti Tidak Bingung Lagi, Inilah Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil

Mengganti oli termasuk bentuk merawat mobil agar performanya selalu terjaga. Perihal tersebut, kadangkala sebagian orang masih bingung sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil mereka tersebut. Meskipun beberapa belum paham kapan tepatnya, biasanya mereka menjadwalkan ketika kilometer menyentuh angka 5 ribu hingga 10 ribu atau ada juga yang melakukannya sekali setiap 6 bulan.

Benarkah demikian?

Urusan penggantian oli mobil sudah tertulis di buku manual ketika pembelian mobil di dealer resmi seperti Dealer Toyota Cirebon. Memang umumnya ganti oli dilaksanakan ketika telah menempuh jarak 10 ribu kilometer. Namun demikian, hal tersebut dipengaruhi pula oleh berbagai faktor dari mobil itu sendiri.

Apabila baru saja membeli mobil baru, lazimnya memang dianjurkan ganti oli setelah menempuh 1.000 kilometer pertama atau bisa juga 2.500 kilometer. Biaya untuk servis pertama sejak pembelian mobil sendiri tidak dibebankan khususnya ketika membeli di Dealer Toyota Cirebon. Setelah itu, barulah apabila mengacu pada buku panduan, perlu mengganti oli ketika mencapai 10 ribu kilometer akan tetapi direkomendasikan memperhatikan berbagai faktor yang ada.

Kondisi jalanan misalnya kemacetan membuat mesin terus berputar sehingga memberikan pengaruh terhadap umur oli. Sebaiknya lakukan servis ganti oli sesuai jadwal dari tanggal dan kilometer yang tercatat di penggantian oli sebelumnya, yakni meskipun belum mencapai 10 ribu kilometer, bisa pergi ke bengkel resmi untuk ganti oli terutama di Dealer Toyota Cirebon.

Melihat Kekentalan Oli

Kekentalan oli yang dipakai untuk mobil favorit Anda turut berkontribusi dalam penentu kapan waktu yang tepat menggantinya di Dealer Toyota Cirebon. Untuk melihatnya, ada pada angka di kode Society of Automotive Engineering (SAE) yang tercantum di kemasan oli yakni yang mengacu pada tingkat kekentalan oli. Jika oli mempunyai kode 20W-50, artinya oli tidak begitu kental sehingga bisa diganti ketika kilometer menunjukkan 3 – 5 ribu tergantung kondisi. Selain itu, apabila SAE mengindikasikan 10W-40, oli bisa diganti pada rentang 7.500 – 10 ribu kilometer.

Pengaruh Filter Oli

Usahakan turut ganti filter oli secara berkala ketika servis di bengkel resmi Dealer Toyota Cirebon. Hal tersebut karena filter berdampak pula pada kualitas dari oli mobil itu sendiri sebab apabila kotoran terlalu banyak mengendap pada saringan dapat berpengaruh pada performa mesin. Ganti filter oli setelah menempuh lebih dari 20 kilometer atau sekiranya bisa diganti setiap 8 bulan sekali.

 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil. Urusan oli perlu diperhatikan agar performa kendaraan selalu optimal dan bisa ditangani di bengkel resmi Dealer Toyota Cirebon. Hindari kecerobohan dengan tidak mengganti oli secara berkala karena bisa saja berdampak lebih buruk untuk itulah selalu rutin servis dan ganti oli di bengkel resmi Dealer Toyota Cirebon cek disini.

Loading...