Politik, Uncategorized

Prabowo ke Relawan: Tampang Lo Tampang Enggak Punya Duit

Jurnalindonesia.co.id – Setelah istilah ‘Tampang Boyolali’ pernah viral di media sosial, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subainto kembali mengeluarkan istilah baru. Dalam pidatonya di acara pembekalan relawan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018), Prabowo menjuluki pendukungnya dengan sebutan ‘Tampang Enggak Punya Duit’.

Dalam kesempatan itu, Jenderal berjuluk 08 itu juga meminta maaf kepada para relawannya atas kesalahan-kesalahan yang telah dibuatnya, dan jika ada yang tersinggung dengan ucapannya. Prabowo mengatakan permintaan maaf adalah hal yang biasa, namun dia heran jika seseorang yang meminta maaf justru diejek oleh lawan politiknya.

“Saya ingin minta maaf sekaligus bikin pengakuan dosa, boleh nggak minta maaf? Rupanya kalau orang minta maaf di Indonesia ini diejek. Nggak apa-apa kalau saya salah saya minta maaf. Saya berusaha tidak salah, tapi saya hanya manusia biasa,” ujar Prabowo.

Baca Juga: Minta Semua Orang Lupakan ‘Tampang Boyolali’, Sandi: Tak Usah Dipolitisir

Prabowo kemudian mengaku sempat meremehkan acara pembekalan relawan yang diinisiasi Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Rachmawati Soekarnoputri. Sebab, menurutnya, acara pembekalan tak perlu dilakukan.

Selain itu, menurutnya, acara pembekalan dengan mengumpulkan ribuan relawan akan membutuhkan dana besar. Sedangkan pihaknya saat ini tengah kesulitan.

“Saya tadi mengira awalnya bahwa acara-acara seperti ini mungkin belum perlu kita lakukan, karena kita lagi agak kesulitan dana. Nggak ada yang tertarik sama perjuangan kita, kecuali rakyat Indonesia,” katanya.

Mantan danjen Kopassus itu kemudian menyinggung tampang-tampang para relawannya. Menurutnya, relawan-relawan Prabowo-Sandi memiliki tampang ‘ekonomi terbatas’.

Baca Juga: Kelompok Tukang Ojek Tuntut Prabowo Minta Maaf

“Dan memang dukungan pendukung kita ialah begitulah, tampangnya. Boleh pakai istilah tampang nggak? Boleh? Tampangnya ya, ekonomi agak terbatas begitu. Boleh nggak? Kalau gue ngomong apa adanya salah, memang tampang lo memang tampang nggak punya duit, betul nggak?” seloroh Prabowo.

Kelakar Prabowo itu pun terlihat tak membuat seluruh relawan marah. Relawan yang di dominasi oleh emak-emak itu malah menyambut baik ucapan Prabowo. Pasalnya, Prabowo punya alasan sendiri kenapa melontarkan ucapan tersebut.

“Betul,” timpal para relawan.

“Bukan untuk mengejek lu (relawan), tapi gue mau berjuang untuk elu, gue nggak rela rakyat gue miskin,” kata Prabowo.

Menurutnya, saat ini dirinya dilingkari oleh orang-orang hebat yang ingin berjuang untuk kebaikan bangsa. Bahkan tak ada seorang pun yang meminta materi atau apapun ke mantan pangkostrad TNI AD tersebut.

Baca Juga: Buntut Pidato “Tampang Boyolali”, dari Tagar #SaveMukaBoyolali hingga Aksi “Boyolali Bermartabat”

Tampak hadir dalam acara itu, mantan panglima TNI Djoko Santoso, Mantan Ketua MPR RI Amien Rais, Presiden PKS Sohibul Iman, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan sejumlah tokoh-tokoh nasional lainnya.

Prabowo meyakinkan ke rakyat bahwa timnya tidak akan mencuri hak rakyat maupun keuntungan politik, bila dirinya terpilih menjadi presiden.

“Mereka datang ke saya tidak minta apa apa, ada jenderal-jenderal juga, dari remaja mereka pertaruhkan nyawa mereka,” pungkasnya.

Sebelumnya, perihal ‘tampang Boyolali’ pernah menjadi permasalahan tersendiri bagi Prabowo. Prabowo didesak meminta maaf kepada warga Boyolali. Ia juga didemo hingga dilaporkan ke Bawaslu.

Loading...