Uncategorized

11 Ribu Karung Pasir Disiapkan Untuk Antisipasi Banjir Jakarta

Jurnalindonesia.co.id – Petugas Dinas Tata Air DKI menyiapkan 11 ribu karung pasir untuk dijadikan tanggul sementara yang berfungsi sebagai tanggul penahan rob dan banjir di Jakarta Utara.

Dari pantauan JawaPos.com, terlihat sekitar 5.000 karung berisikan pasir masih tertumpuk rapih di gudang Sudin SDA Jakarta Utara yang terletak di Jalan R-E Martadinata, Jakarta Utara. Jika hujan tiba atau air laut pasang maka akan dialihkan ke lokasi banjir.

Petugas Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara Syahril mengungkapkan pihaknya sengaja menyiapkan 5.000 karung pasir untuk mengantisipasi banjir. Karena saat ini 6.000 karung yang sudah disiapkan di tiap-tiap wilayah di Jakarta Utara sedang diproses.

Baca Juga:  Waring Kontroversial Seharga Setengah Miliar di Kali Item AkhirnyaDicopot

Baca Juga: Normalisasi Sungai di Era Anies Mandek, 129 Kelurahan di DKI Terancam Terendam Banjir

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara mempersiapkan 11 ribu karung pasir untuk menanggulangi tanggul-tanggul yang jebol di wilayah Jakarta Utara saat musim hujan tiba, Kamis (15/11/). (Dery Ridwansyah/ JawaPos.com)

“Kita kan ada 6 Kecamatan, untuk Jakarta Utara masing-masing kecamatan menyiapkan 1000 karung. Sementara yang ada dikita 5000 karung, jadi totalnya 11.000 karung,” kata Syahril saat di konfirmasi JawaPos.com Minggu (18/11).

Baca Juga:  DKI Jakarta Raih Indeks Demokrasi Tertinggi Versi BPS

Namun, Syahril menjelaskan bahwa dari 5.000 karung pasir yang disiapkan Sudin SDA Jakarta Utara, belum ada sama sekali yang dipergunakan.

Baca Juga: Anies Potong Anggaran Penanggulangan Banjir hingga Rp242 M, DPRD DKI: Ini yang Buat Anggaran “Sopo”?

“Untuk sementara masih di gudang, belum kita pergunakan. Untuk kecamatan sendiri mereka masing-masing nyetok, dalam arti kata menyiapkan seribu karung disetiap Kecamatan,” katanya.

Baca Juga:  OTT Bupati Cirebon, KPK: Diduga Terkait Jual-Beli Jabatan

Masing-masing Kecamatan di Jakarta Utara yang sudah menyiapkan 1.000 karung pasir adalah, Kecamatan Pademangan, Kecamatan Penjaringan, Kecamatan Tanjung Priok, Kecamatan Koja, Kecamatan Kelapa Gading, dan Kecamatan Cilincing.

Syahril mengatakan, pihaknya belum ada rencana penambahan jumlah karung pasir. Kendati demikian, pihaknya akan tetap bersiap siaga mengantisipasi penambahan tersebut jika memang diperlukan.

“Ya kita lihat nanti saja, masalahnya disini juga masih ada stock. Masih ada 5000 yang sudah kita siapkan,” pungkasnya.