Uncategorized

WhatsApp Uji Fitur Tambah Teman Pakai QR Code, Ini Manfaatnya

Jurnalindonesia.co.id – WhatsApp kembali melakukan pembaruan aplikasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru. Kali ini WhatsApp menguji fitur baru yang akan memudahkan orang menambahkan orang lain ke dalam daftar kontak mereka, yakni menggunakan QR code.

Dikutip dari situs informasi aplikasi berlogo hijau itu, WABetaInfo, fitur WhatsApp ini ditemukan dalam versi uji coba di iOS. Namun fungsi ini hampir pasti akan dihadirkan juga pada WhatsApp Android.

Laporan tersebut mendeskripsikan bahwa setiap pengguna WhatsApp akan memiliki QR Code masing-masing yang dapat dibagikan. Jadi, pengguna dapat menambahkan seseorang ke kontak WhatsApp dengan memindai QR code menggunakan kamera ponsel.

Baca Juga:  Ucapan Terimakasih Baiq Nuril Untuk Presiden Jokowi

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Fitur untuk Kirim Uang: ‘WhatsApp Payments’

Dengan cara tersebut, WhatsApp secara otomatis akan langsung memasukkan kontak tersebut ke daftar kontak WhatsApp kita setelah sukses membaca QR code. Fitur tersebut akan sangat bermanfaat bagi pemilik usaha kecil. Karena mereka dapat menempelkan stiker QR Code di tempat usaha, sehingga pelanggan dapat menambahkannya ke daftar kontak mereka dengan mudah.

Foto: WhatsApp

Hal semacam itu umum di India, di mana orang sering perlu mengobrol dengan tukang, pedagang, dan penyedia layanan lain untuk pesanan yang dipersonalisasi. Tidak jelas kapan fitur akan diluncurkan, pihak WhatsApp belum memberikan keterangan resmi mengenai fitur tersebut.

Baca Juga:  Kemenpora Belum Terima Dana Kemah yang Dikembalikan Pemuda Muhammadiyah

Selain fitur QR Code, WhatsApp juga menguji interface anyar untuk menambahkan kontak baru langsung dari aplikasi. Cara ini memudahkan pengguna, sehingga tak perlu repot mengetikkan nomor ponsel dan menambahkannya secara manual.

Fungsi menambahkan teman ini sebenarnya bukan hal baru di ranah aplikasi pesan instant. Aplikasi chat lainnya seperti Line, WeChat dan BlackBerry Messenger misalnya, sudah menerapkannya.

Baca Juga:  Menkominfo Rudiantara: Facebook Indonesia Belum Jadi PT

Sebelumnya, WhatsApp baru menggunakan QR code untuk memudahkan pengguna log in ke WhatsApp di desktop. Belakangan, WhatsApp memang semakin rajin menambahkan sejumlah fitur. Berbagai fungsi yang sebelumnya ada di aplikasi chat lain, kini hadir di WhatsApp, menjadikannya kaya fitur dan tak lagi sesimpel dulu.