Nasional

Presiden Jokowi Resmikan 'Markas Avengers' di Merauke

Jurnalindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, Jumat (16/11). Bentuk monumen ini mirip dengan logo Avengers. Oleh karena itu, monumen ini kerap disebut-sebut dengan nama “Markas Avengers”.

Monumen Kapsul Waktu terletak di dekat Bandara Mopah Merauke, Papua. Dalam Sambutannya, Jokowi sekaligus berbicara mengenai Ekspedisi Kapsul Waktu.

“Tiga tahun yang lalu, setelah mengelilingi 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer, Ekspedisi Kapsul waktu telah berhasil membawa Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085 dari ujung barat ke ujung timur Indonesia,” kata Jokowi.

Monumen Kapsul Waktu (Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Ekspedisi ini menyimpan impian anak-anak Indonesia di 34 provinsi yang disimpan dalam sebuah kapsul. Ada tujuh mimpi yang dituliskan anak-anak muda dalam kapsul waktu, yaitu:

1. SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
3. Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.
5. Membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia-Pasifik.
7. Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga: Sandiaga Resmikan ‘Smart Pasar’ Pondok Indah, Seperti Apa Pintarnya?

Monumen Kapsul Waktu (Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Ketujuh impian itulah yang disimpan dalam Monumen Kapsul Waktu. Kapsul ini akan dibuka pada 2085.

“Tujuh mimpi anak-anak bangsa itu kita letakkan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia. Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebut Monumen Kapsul Waktu memiliki semangat yang sama dengan para Avengers. Para jagoan Marvel ini disebut memiliki keinginan besar melindungi orang yang lemah.

Baca Juga: Anies Bentuk Tim Pertimbangan Monas, Anggaran Rp461 Juta untuk Gaji Anggota

“Monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah,” tuturnya.

Seperti diketahui, luas kawasan Monumen Kapsul Waktu adalah 2,5 ha, yang terdiri dari 1 ha area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun. Ide pembangunan monumen untuk menyimpan kapsul waktu ini berasal dari Jokowi pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia pada 2015 dan akan kembali dibuka pada 70 tahun mendatang.

Pembangunan ‘Markas Avengers’ ini telah menghabiskan biaya Rp 89,9 miliar.

Pembangunan tahap pertama monumen ini dilaksanakan pada 2016, untuk pekerjaan pondasi dengan anggaran Rp 7 miliar.

Sementara, pekerjaan tahap dua dimulai pada Juli 2017 dan selesai pada November 2018 dengan anggaran sebesar Rp 82,9 miliar.

Seluruh anggaran berasal dari anggaran kegiatan Ruang Terbuka Hijau pada DIPA APBN di Direktorat Jenderal Cipta Karya. Bila diakumulasikan, maka jumlahnya mencapai Rp 89,9 miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan monumen Kapsul Waktu menunjukkan perhatian dan penghargaan yang besar dari Presiden Jokowi bagi masyarakat Papua, khususnya bagi Merauke

Adapun desain dari monumen ini dirancang oleh arsitek prinsipal Yori Antar Awal dengan mengadopsi unsur budaya Papua.