Uncategorized

Survei LSI: Aksi Amien Rais Hanya Berpengaruh 9,4 Persen

Jurnalindonesia.co.id – Nama Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais turut disebut dalam survei teranyar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terkait ulama dan dampak elektoralnya. Sigi itu menyatakan Amien Rais merupakan salah satu tokoh agama yang namanya paling sering muncul lantaran populer di masyarakat.

Dalam survei ini tentang ‘Ulama dan Efek Elektoralnya’ ini, responden diberikan pertanyaan ‘Apakah Ibu/Bapak pernah mendengar atau melihat nama dibawah ini? Apakah Bapak suka atau tidak suka terhadap tokoh ini? Apakah Bapak mengikuti Himbauan tokoh ini?’.

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman memaparkan bahwa popularitas Amien Rais tidak sebanding dengan pengaruhnya di masyarakat dalam memilih di Pilpres 2019. Sedangkan tingkat kesukaan terhadap Amien pun juga berada di level biasa saja. Menurutnya tingkat popularitas Amien Rais cukup tinggi dengan angka 83,1 persen dan yang menyukainya 57,2 persen. Sementara itu, yang menyatakan akan mendengarkan imbauan Amien hanya di angka 9,4 persen.

Baca Juga:  Amien Rais Janji Santuni Pendidikan 6 Anak Dufi Selama 5 Tahun

“Amien Rais adalah salah satu tokoh agama yang paling sering muncul ke publik dengan berbagai aksi dan komentarnya. Secara popularitas, Amien Rais adalah tokoh agama yang paling dikenal. Mereka yang mengaku mengenal Amien sebesar 83,1 persen, namun dari angka tersebut, hanya 57,2 persen yang menyatakan suka dengan sosok Amien,” kata Ikrama dalam konferensi pers bertajuk Ulama dan Elektoralnya di gedung LSI, Pulogadung, Jakarta Timur, pada Rabu, 14 Oktober 2018.

Baca Juga: Popularitas Habib Rizieq Menurun, FPI Anggap LSI Survei Bayaran

“Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 9,4 persen. Popularitas Amien yang tinggi memang tidak sebanding dengan kekuatan pengaruhnya saat ini,” sambungnya

Baca Juga:  UPDATE: Korban Tewas Gempa dan Tsunami Palu Jadi 832 Orang

Jumlah angka pemilih yang bakal mendengarkan imbauan Amien Rais makin tipis bila segmentasi pemilihnya dikerucutkan pada kelompok Nahdlatul Ulama (NU). Menurut survei LSI Denny JA, masyarakat yang bersedia mendengarkan imbauan Amien Rais hanya 6,3 persen. Sedangkan mereka yang emoh menanggapi imbauan itu mencapai 81,8 persen.

“Segmen muslim NU adalah segmen terbesar pemilih muslim jika dilihat dari afiliasi organisasi keagamaannya. Di muslim NU, mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 6,3 persen. Sementara untuk yang menyatakan tidak mendengarkan imbauan Amien sebesar 81,8 persen,” jelas Ikrama.

Baca Juga: LSI Denny JA Membantah Anggapan FPI soal Survei Bayaran

“Sementara dari kalangan pemilih NU yang menjawab tidak tahu/tidak jawab 11,9 persen,” tambahnya.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018 menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Sebanyak 30,2 persen mengaku menggugu sikap tokoh yang dakwah-dakwahnya terkenal dan viral di media massa itu. Margin of error survei ini sebesar kurang-lebih 2,8 persen.

Baca Juga:  Beda Klarifikasi Mustofa Soal Cuitan Lion Air Tiba di Halim

Dalam survei yang sama, LSI Denny JA merilis lima tokoh agama, khususnya ulama, yang paling berpengaruh terhadap pemilih. Lima ulama di antaranya adalah Abdul Somad, Arifin Ilham, Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Rizieq Shihab. Abdul Somad merupakan ulama paling didengarkan imbauannya.