Uncategorized

Sandiaga Ngaku Salah dan Minta Maaf Langkahi Makam Pendiri NU

Jurnalindonesia.co.id – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno akhirnya meminta maaf karena telah melangkahi makam tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri. Sandiaga mengakui bahwa itu adalah murni kesalahannya.

“Pertama-tama, tentunya permohonan maaf. Manusia itu pasti ada khilaf. Saya hampir tiap hari berkunjung di kubur, ziarah,” kata Sandiaga di Warkop 45 Jl Arifin Achmad, Pekanbaru, Riau, Senin (12/11/2018).

Sandiaga mengaku, setiap kali berziarah, selalu ada orang yang memandunya. Namun Sandiaga tak mau menyalahkan pihak lain.

“Dan dalam ziarah tersebut, tadi juga ada ziarah kubur, di sini juga ada pemandunya. Dan tanpa mau menyalahkan siapa-siapa, saya harus berani mengambil risiko ini bahwa kesalahan ada di saya,” ujarnya.

“Oleh karena itu kesalahan saya, saya mohon maaf. Dan tentunya manusia penuh khilaf, penuh salah. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf,” lanjutnya.

Sandiaga pun meminta untuk kembali fokus pada pembahasannya soal ekonomi yang saat ini menurutnya lebih esensial.

“Sekarang, mari kita kembali kepembahasan sebelumnya, yakni pembahasan ekonomi yang menjadi hal yang esensi. Jangan kita masuk kedalam isu-isu yang tidak terlalu penting untuk pembangunan ekonomi. Menghormati makam adalah salah satu hal yang esensial, maka dari itu, dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya minta maaf,” ucapnya.

Terkait apakah isu melangkahi makam itu sengaja ‘digoreng’ oleh beberapa pihak, sandiaga pun enggan berkomentar.

Diketahui, dalam sebuah video berdurasi 15 detik yang beredar di media sosial, Sandiaga, dengan mengenakan sarung dan berkopiah hitam, menabur bunga di kompleks pemakaman KH Bisri Syansuri. Sandi lalu melangkahi salah satu makam. Sementara Prabowo Subianto, yang juga menabur bunga hendak berpindah ke makam selanjutnya, memilih melipir ke pinggir sebelum beranjak.

Salah satu netizen menyampaikan protesnya atas apa yang dilakukan Sandiaga di pemakaman tersebut:

“Dengan segala hormat,

benarkah Anda, Saudara @sandiuno telah melangkahi Maqbarah Kiai Bisri Syansuri di Denanyar, Jombang, ketika berziarah? Mendiang adalah salah satu tokoh Islam yang ikut mendirikan Nahdlatul Oelama bersama Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari. | Cc: @nu_online.”

Loading...