Uncategorized

Muhammadiyah: Tak Ada Perlakuan Istimewa Terhadap Rizieq oleh Pemerintah Saudi Meski Dia Bergelar Habib

Jurnalindonesia.co.id – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan, meski Rizieq Shihab bergelar habib, tidak serta merta dia mendapat perlakuan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi.

“Tidak ada, tidak ada (perlakuan istimewa) dia (Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammad Al-Shuhaibi) menyebut dia warga negara Indonesia, dia orang Islam,” kata Mu’ti dalam pertemuan pengurus PP Muhammadiyah dengan Duta Besar Arab Saudi di Indonesia, Osama bin Mohammad Al-Shuhaibi di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (12/11) siang.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu, salah satunya mengenai keadaan Rizieq Shihab di Arab Saudi.

Mu’ti menyampaikan, status Rizieq adalah WNI yang tinggal di Arab Saudi. Dengan demikian, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu terikat hukum yang berlaku di negara tersebut. Atas dasar itu Rizieq diperlakukan sama seperti WNA lain yang tinggal di Arab Saudi.

Baca juga: Rizieq Shihab Bantah Dubes RI: Saya Dilepas Tanpa Jaminan Apa Pun!

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi (kedua dari kiri), di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018). (Foto: Kompas/Devina Halim)

Selain itu Mu’ti juga mengatakan, Rizieq hingga kini tidak memiliki masalah hukum di negara yang dipimpin Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud itu. Menurut Mu’ti, pemerintah Arab Saudi tidak memiliki alasan untuk mendeportasi Rizieq. Alhasil, sampai saat ini Rizieq masih berdiam di Arab Saudi.

“Tadi juga dia (Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammad Al-Shuhaibi) mengatakan kalau Habib Rizieq tidak melanggar hukum yang berlaku di Arab Saudi. Seandainya dia melanggar hukum mengenai visa sudah pasti dia dideportasi. Tidak mungkin dia (Pemerintah Arab Saudi) mengizinkan orang tinggal di negaranya tanpa visa,” ujar Mu’ti.

Sementara itu, Osama bin Mohammad mengatakan bahwa selama tinggal di Saudi, Rizieq tidak pernah tersangkut masalah hukum. Terkait masalah izin tinggal Rizieq yang sudah habis, Osama tidak menjawab secara gamblang.

“Berkaitan pertanyaan izin tinggal yang berkaitan dengan Rizieq, kalau memiliki masalah di Arab, tentu sudah dipenjara. Namun, kita lihat Rizieq masih dijamin kehidupannya oleh pemerintah Indonesia dan Arab Saudi,” ucapnya.

Baca juga: Rizieq Shihab: Pak Jokowi, Tegakkan Keadilan, Jangan Hanya Fokus Pencitraan

Loading...