Uncategorized

Viral Surat Hanum Rais ke Rektor UMS Ajak Mahasiswa dan Staf Tonton "Hanum dan Rangga"

Jurnalindonesia.co.id – Sepucuk surat yang diduga ditulis Hanum Rais kepada Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuat heboh media sosial.

Surat yang ditujukan untuk Rektor UMS, Dr Sofyan Anif MSi, itu berisi ajakan untuk menonton film ‘Hanum dan Rangga (Faith and the City)’ di bioskop.

Inti dari isi surat tersebut adalah, selaku kader Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah, Hanum Rais dan sang suami, Rangga Almahendra, mengajak mahasiswa/mahasiswi dan staf UMS menonton Hanum dan Rangga.

Dalam penutup surat, Hanum meminta fasilitas kepada Rektor UMS untuk mendukung film nasional yang positif dan bernilai dakwah dengan memasang poster film Hanum & Rangga di media kampus.

Awalnya, foto surat yang ditandatangani Hanum itu diunggah di akun Facebook UMS pada 29 Oktober 2018 lalu.

Ada dua foto surat yang diunggah admin akun Facebook UMS, yakni foto surat yang sudah dibubuhi memo dari Rektor UMS Dr. Sofyan Anif dengan pesan ‘Ayo…Nonton bersama keluarga…’ lengkap dengan paraf dari sang rektor.

Dan unggahan kedua adalah foto surat dari Hanum dengan kop ‘Hanum & Rangga’ yang ditulis di Yogyakarta, 24 Oktober 2018.

Di foto surat itu juga tercantum memo dari Rektor UMS dengan pesan ‘YTH Ka Humas Mohon ditindaklanjuti’ lengkap dengan parafnya.

Dalam keterangannya, admin akun Facebook UMS menyatakan, unggahan tersebut sebagai tindak lanjut dari surat yang dikirim oleh Hanum.

Akun Facebook UMS juga menandai akun media sosial milik Amien Rais dan Hanum Rais dalam unggahannya.

Namun saat ini, unggahan tersebut sudah dihapus.

Warganet pun mempertanyakan hilangnya unggahan tersebut.

Berikut ini screenshot unggahan surat Hanum di akun Facebook UMS:

Baca juga: Sindir Jokowi, Putri Amien Rais: Datang ke Rumah Baik-baik, Gak Usah Pakai Setingan

Postingan itu pun mendapat banyak komentar dari netizen. Lebih dari seribu komentar singgah di postingan tersebut. Dan ratusan akun Facebook telah membagikan postingan itu.

“Jangan2 semua lembaga di bawah naungan muhammadiyah di beri surat seperti ini? Dari sekolah, univeresitas, rumah sakit, dll,” tulis salah satu netizen.

“Wkwkwk.. kok lucu ya.. smpe d bkinin surt buat nonton. btw itu film ttg apa sih ky epik bgt kok smpe wajib d tonton gt kesane.. duh biasa aja kali. film ada yg laris ada yang g.. g sah d paksain,” tulis netizen lainnya.

Selain komentar soal surat Hanum, ada juga netizen yang fokus berkomentar soal sosok putri politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais itu yang telah ikut-ikutan terjun ke dunia politik.

“Film sebelumnya dr hanum sllu kutonton.. tapi duluuuuu… sblum mba hanum jd kampretwati. padahal karyanya bagus2, sayang… ia malah ikut2an terjun ke dunia politik… jadi byk orang yg bakal meninggalkannya,” tulis netizen tersebut.

Sementara itu Kabag Humas UMS, Budi Santoso, mengatakan film ‘Hanum dan Rangga’ bisa untuk tontonan dan tuntunan bagi generasi muda.

“Namun sejauh ini tidak ada rencana nonton bareng bersama pimpinan atau staf UMS,” katanya kepada TribunSolo.com, Minggu (11/11/2018).

Rektor tidak meminta/mewajibkan mahasiswa, pimpinan atau staf nonton film itu.

“Tidak ada kewajiban, bisa dicek ke bioskop-bioskop,” tegas Budi.