Uncategorized

Mengenal Tanjung Karawang, Lokasi Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610

Jurnalindonesia.co.id – Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang dilaporkan jatuh setelah sempat hilang kontak pada Senin (29/10) pagi.

Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M Syaugi menyatakan pihaknya sudah menemukan beberapa puing pesawat di perairan Tanjung Karawang.

Tanjung Karawang merupakan rumah bagi salah satu wisata bahari yang populer dijadikan lokasi wisata bagi penduduk setempat, yakni Pantai Tanjung Baru.

Baca: Kronologi Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610

Kendati demikian, pemeliharaan lingkungan wisata di pantai ini seperti tidak terurus sehingga lambat laun kehilangan peminat wisata.

Terdapat banyak kerusakan di sepanjang jalan menuju lokasi wisata. Sampah dan kotoran juga menimbun di area pesisir pantai.

Seiring pergantian kepemerintahan di Kabupaten Karawang, pemerintah daerah tak gencar melakukan pengembangan sektor wisata di lokasi ini.

Baca: Naik Lion Air JT 610 Sehari Sebelum Jatuh, Conchita Caroline Sebut Pesawat Sudah Bermasalah di Bali

Padahal jika dikembangkan dan dipelihara dengan baik, Pantai Tanjung Baru memiliki potensi wisata yang dapat mendorong perkembangan pariwisata Indonesia.

Lokasi pantai terletak kurang lebih 45 kilometer dari ibu kota Karawang, di antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang.

Berasal dari pembabatan hutan baku yang berada di sepanjang pantai, perairan Pantai Tanjung Baru memiliki warna yang keruh dan banyak menyimpan endapan lumpur.

Baca: Kisah Seorang Calon Penumpang Lion Air JT 610 yang Lolos dari Maut Karena Telat Tiba di Bandara

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, masih tersisa sejumlah warung makan tradisional, penginapan sederhana dan sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan ketika berwisata di Pantai Tanjung Baru.

Pengunjung dapat mengunjungi pasar tradisional untuk berbelanja barang lokal atau menyantap hidangan laut di sekitar pantai.

Area pantai dapat dinikmati dengan tiket masuk seharga Rp10 ribu untuk satu kendaraan bermotor.

 

CNNINDONESIA