Uncategorized

Siapa Pembuat Pidato 'Game of Thrones' Jokowi?

Jurnalindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) setidaknya mendapatkan dua kali standing ovation oleh para peserta IMF-World Bank (WB) pada saat berpidato di acara plenary session sidang tahunan, Jumat (12/10/2018) pagi.

Pidato Jokowi dipuji oleh peserta yang berasal dari 189 negara peserta IMF-WB 2018. Bahkan, Direktur pelaksana IMF Christine Lagarde mengaku kagum dengan pidato yang disampaikan Jokowi.

Jokowi, dalam pidatonya mengibaratkan kondisi perekonomian dengan serial film Games of Thrones. Kondisi ekonomi, menurut Jokowi, ibarat perang antar negara maju demi merebut kesuksesan, namun lupa mengenai bahaya yang mengancam akibat perang tersebut.

Baca: Pidato “Game of Thrones” Jokowi di Acara IMF-WB Dapat 2 Kali “Standing Applause”

Publik pun bertanya-tanya, siapa yang memiliki ide pembuatan pidato Jokowi dalam pertemuan IMF-WB Bali?

Kepada detikcom, Staf Khusus Presiden Johan Budi Saptopribowo mengungkapkan, ide pembuatan pidato ‘Game of Thrones‘ berasal dari Jokowi.

“Idenya memang ada sebagian dari Presiden,” kata Johan Budi di Bali Collection, Nusa Dua, Jumat (12/10/2018).

Ide yang dimunculkan Jokowi, kata Johan Budi, mengenai analogi kondisi ekonomi dunia beserta fenomenanya dengan sebuah film.

“Memang Pak Presiden sangat inovatif, termasuk pidato yang kita saksikan bersama. Standing ovation dua kali. Pak Presiden menggambarkan bagaimana dunia menghadapi persaingan global yang dianalogikan cerita Game of Thrones. Winter is coming,” ujar Johan.

Baca juga: Pidato Game of Thrones, Meme Jokowi ‘Winter is Coming’ Dipajang HBO

Lebih lanjut Johan mengatakan, pesan yang ingin Jokowi melalui pidato tersebut adalah mengingatkan seluruh negara bahwa perang dagang dan persaingan untuk menjadi nomor satu itu tidak ada gunanya jika dunia menjadi hancur.

Selain itu, Johan Budi juga mengungkapkan, pidato analogi yang dibacakan Jokowi juga bukan yang pertama. Sebelumnya, orang nomor satu di RI itu juga pernah berpidato mengenai Thanos.

“Muncul ide-ide genuine dari Pak Presiden. Kemarin Thanos, terus vlog sama Raja Salman. Pak Jokowi yang punya ide kreatif dan diterjemahkan dengan tim pembuat pidatonya. Kalau siapanya ya tentu di antaranya para pembantunya. Tetapi tidak tahu siapa,” pungkas Johan.

Baca juga: Pidato di Pertemuan IMF-World Bank, Presiden Bank Dunia Kutip Ucapan Sukarno

Loading...