Uncategorized

Dinas Pariwisata DKI Fasilitasi Ratna Sarumpaet ke Chile atas Perintah Anies

Jurnalindonesia.co.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI mengaku pihaknya menseponsori Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile. Gubernur Anies Baswedan sendiri yang meminta Disparbud memfasilitasi Ratna.

“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” kata Plt Kepala Disparbud, Asiantoro, dalam keterangan pers tertulisnya, Jumat (5/10/2018), seperti dilansir detikcom.

Disposisi itu diteruskan ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) yang punya tugas mengurusi perjalanan dinas.

“Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Dan dijadwalkan bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” ujar Asiantoro.

Baca: Ratna Mengaku ke Chile Dibiayai Pemprov DKI

Adapun acara yang hendak dihadiri Ratna adalah The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chile. Sementara Letter of Invitation dari acara tersebut sudah dikirimkan ke Ratna tertanggal 17 Oktober 2017.

Dalam suratnya, panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta. Serta mengikuti sejumlah kegiatan lainnya.

Baca juga: Ini Surat Ratna ke Gubernur Anies soal Permohonan Hadiri Konferensi di Chile

Sebelum Pemprov DKI memutuskan untuk memfasilitasi Ratna, terlebih dahulu Ratna mengirimkan surat permintaan sponsor ke Gubernur Anies. Pemprov DKI mendapatkan surat dari Ratna pada 31 Januari 2018, kemudian Anies menerima surat itu pada 19 Feburari 2018.

“Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI,” kata Ratna.

Ditangkap di bandara

Pada Kamis (4/10/2018) malam, Ratna diamankan tim Jatanras Polda Metro Jaya saat hendak terbang ke Chile. Penangkapan ini terjadi di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, .

Ratna yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait hoax penganiayaan, ditangkap sekitar pukul 21.00 WIB.

Polisi menangkapnya saat sudah berada di pesawat maskapai Turkish Airlines.

Setelah ditangkap di bandara, Aktivis berusia 70 tahun itu langsung dibawa ke Polda Metro Jaya.

Baca juga: Yunarto Wijaya: Pengecut Kalian yang Berlindung di Balik Status Ratna Sarumpaet sebagai Pembuat Hoax Tunggal

Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet usai ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (4/10/2018) malam. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)