Kriminal

Polisi Tangkap Ratna Sarumpaet agar Kasus Seperti Habib Rizieq Tak Terulang

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet usai ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (4/10/2018) malam. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Jurnalindonesia.co.id – Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengatakan, pihaknya menangkap Ratna Sarumpaet lantaran tidak ingin ada hambatan penanganan kasus lagi seperti perkara Rizieq Shihab, pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI).

“Kita tidak mau permasalahan seperti Habib Rizieq berulang, kabur ya kan,” kata Jerry saat dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018) malam.

Adapun Ratna ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (4/10/2018) malam saat hendak ke Chile.

Menurut Jerry, Ratna sudah dipanggil menjadi saksi dalam penanganan kasus berita bohong alias hoax. Namun aktivis berusia 70 tahun itu tidak hadir dan polisi menetapkannya sebagai tersangka usai pemeriksaan saksi lainnya.

Baca Juga:  Rizieq Berharap Kasus-kasus Hukumnya dapat Diselesaikan Secara Kekeluargaan

“Tadi sore setelah kita periksa saksi-saksi, kita tetapkan sebagai tersangka. Jadi kita sudah panggil dia sebagai saksi hari ini. Kalau memang dia pergi atau apa, dia kasih tahu dong kabarnya. Infokan karena ada acara, saya akan datang tanggal sekian. Ini tidak memberikan kabar, malah pergi,” jelas Jerry.

Baca: Ratna Mengaku ke Chile Dibiayai Pemprov DKI

Baca Juga:  Ratna Sarumpaet ke Turki Dulu Sebelum Menuju Chile

Menurut dia, setelah Ratna menyatakan mengalami penganiayaan, polisi langsung bergerak. Fakta di lapangan menunjukkan ada banyak kejanggalan dari pengakuan ibunda aktris Atiqah Hasiholan itu.

“Kami bergerak melakukan penyidikan. Kan tanggal 3 kita lakukan konpers ya dan menyatakan itu adalah bohong, jadi proses penyidikan kita jalan. Semua sudah kita panggil, sudah kita minta gitu lho. Kita panggil dia sebagai saksi, dia malah pergi kan gitu. Makanya kita lakukan penangkapan malam ini karena panggilan kita tidak diindahkan,” ucap Jerry.

Baca Juga:  Pemerintah Sudah Pilih Pulau Terluar untuk Lapas Khusus Napi Korupsi

Baca: Dinas Pariwisata DKI Fasilitasi Ratna Sarumpaet ke Chile atas Perintah Anies