Uncategorized

Sandiaga: Infrastruktur Jokowi Tak Berdampak Signifikan Kurangi Pengangguran

Jurnalindonesia.co.id – Calon wakil presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno mengkritik gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, sejumlah proyek infrastruktur yang dikerjakan pemerintah tak memiliki dampak signifikan dalam mengurangi pengangguran.

Sebelumnya, Sandiaga sempat mengucapkan selamat kepada Jokowi yang mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pemerataan pembangunan.

Pengharapan tersebut diberikan pada acara Hut 50 Tahun Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (24/9/2018). Sandiaga yang juga anggota Kadin turut hadir dan menyaksikan momen Jokowi mendapat penghargaan dari Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani.

Baca Juga:  Foto Pelajar SD Bengkayang Bergaya dengan Tas dan Seragam Baru Kiriman Jokowi

“Saya pengurus Kadin cukup lama, pernah menjabat sebagai wakil ketua umum, terkahir wakil ketua umum bidang UMKM dan ekonomi kreatif, saya juga memberikan selamat pada bapak Presiden yang mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pemerataan pembangunan,” kata Sandiaga kepada wartawan usai acara.

Sandiaga mengakui pencapaian Jokowi di bidang pembangunan infrastruktur. Namun, ia juga memiliki catatan bahwa infrastruktur yang selama ini dibangun tak terlalu berdampak langsung pada penyediaan lapangan kerja.

“Tidak memiliki efek yang signifikan dan subtansial,” ujarnya.

Baca: Jokowi Sentil Mereka yang Anggap Pembangunan Infrastruktur Tidak Penting

Baca Juga:  KPK OTT Bupati Pakpak Bharat

Bahkan, kata Sandiaga, Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani juga sempat menyinggung soal sulitnya ketersediaan lapangan kerja ini dalam sambutannya.

Dalam acara, sebelum menyerahkan penghargaan ke Jokowi, Rosan memang sempat menyinggung angka pengangguran yang masih cukup tinggi. Juga soal kualitas pendidikan pekerja Indonesia yang rendah.

“Kita lihat Kadin mengangkat ini. Saya bicara hampir dua tahun, akhirnya Kadin menyepakati isu utama lapangan pekerjaan masih sangat sulit dihadirkan untuk anak bangsa,” ucap Sandiaga.

Bahkan, dalam acara itu, Presiden Jokowi sendiri mengakui pembangunan infrastruktur yang besar seperti jalan tol masih dikerjakan sepenuhnya kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Keinginan Kadin agar proyek infrastruktur melibatkan para pengusaha belum bisa diwujudkan.

Baca Juga:  Korban Peretasan Akun Yahoo Bakal Dapat Ganti Rugi

Baca juga: Kritik Infrastruktur Jokowi, Gerindra: yang Banyak Pembangunannya atau Beritanya?