Kesehatan

Cara Alami Untuk Mengobati Sakit Kepala Bagian Belakang

Saat dihadapkan pada sebuah masalah berupa sakit kepala, tentu saja tidak akan ada yang sanggup untuk menjalankan aktifitas normal dengan kondisi tersebut. Sakit kepala ini bisa menyerang area-area tertentu mulai dari kepala bagian depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri. Bahkan, ada sebagian penderitanya yang mengalami rasa sakit kepala secara keseluruhan.

Adapun mengenai berbagai faktor yang menjadi penyebab dari timbulnya masalah sakit kepala seperti kurang tidur, dehidrasi, perut yang kosong, perjalanan jauh, beban pekerjaan, dan masih banyak lagi. Nah, bagi yang kerap mengalami masalah sakit kepala bagian belakang, berikut ada beberapa cara alami untuk mengobatinya yang bisa anda lakukan sendiri di rumah :

  1. Aerobik
Baca Juga:  Kebutuhan Nutrisi Penting Untuk Persiapan Kehamilan

Olahraga aerobik seperti bersepeda, jalan cepat, atau berenang, dipercaya mampu mengurangi intensitas dan frekuensi migren. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa pasien penderita migren yang melakukan senam secara teratur selama 12 minggu dengan cara bersepeda di dalam ruangan, menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup serta berkurangnya angka kejadian migren, dan intensitas rasa nyeri.

  1. Meditasi

Di dalam meditasi terdapat berbagai teknik yang bisa digunakan untuk memfokuskan dan menenangkan pikiran dari gangguan seperti nyeri kronis. Dalam sebuah riset kecil pada penderita migren menunjukkan bahwa meditasi spiritual bisa mengurangi frekuensi sakit kepala dan toleransi nyeri yang lebih baik dibandingkan dengan meditasi sekuler dan relaksasi otot.

  1. Batasi Nitrat Dan Nitri
Baca Juga:  Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1 Yang Perlu Diketahui

Nitrat dan nitrit  dalam daging olahan serta monosodium glutamat (MSG) yang digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan merupakan suatu zat yang bisa merangsang terjadinya sakit kepala. Dan beberapa jenis obat jantung juga mengandung nitrat. Selain itu zat seperti kafein, alkohol, phenylethylamine yang terdapat dalam keju dan coklat, tiramin yang yang terdapat dalam (kacang-kacangan dan daging fermentasi, keju dan kedelai), serta aspartam yang merupakan pemanis buatan dalam makanan merupakan zat-zat yang bisa memicu terjadinya sakit kepala. Untuk itu sebaiknya anda membatasi asupan makanan-makanan tersebut.

  1. Kompres Dengan Es Batu
Baca Juga:  Ini 3 Cara Alami Ampuh Mengatasi Rambut Uban

Kita lansgung saja ke cara pengobatannya : masukkan beberapa buah es batu kedalam kantung plastik atau kain bersih, lalu kompreskan pada bagian kepala yang terasa sakit, dan diamkan hingga rasa sakitnya mereda.

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati sakit kepala di bagian belakang, yang harus anda coba.