Politik

Disindir Hotman Soal Roy Suryo, Ini Tanggapan Partai Demokrat

Ferdinand Hutahaean
Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. (Foto: Denita Br Matondang/detikcom)

Jurnalindonesia.co.id – Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea melontarkan sindiran ke Roy Suryo soal pengembalian barang milik negara dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Halo Bapak SBY, Bapak SBY, nonton TV nggak? katanya ada diduga anak buah bapak, kata BPK loh atau kata siapa itu nggak jelas, katanya ada beberapa perabot-perabot yang belum dikembalikan ke negara, sendok garpu, kali, diduga,” kata Hotman dalam video yang diposting di akun @hotmanparisofficial, Sabtu (8/9/2).

Baca: Halo Bapak SBY, Begini Gaya Bang Hotman Sindir Roy Suryo Soal Aset Negara

Baca Juga:  Politikus Demokrat Ini Ingin Ada Tes DNA di Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Video Hotman tersebut mendapat respons dari Partai Demokrat.

“Kami menghormati sebagai suara masyarakat melihat fenomena terhadap Roy Suryo sebagai sesuatu yang tidak patut. Itulah cara-cara masyarakat mengekspresikan protesnya, kami anggap sebagai kritik pada kami,” kata Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, kepada detikcom, Sabtu (8/9).

Ferdinand menyatakan bahwa Demokrat sudah melakukan klarifikasi ke Roy Suryo terait barang-barang milik negara yang diminta Kemenpora untuk dikembalikan. Dalam klarifikasi, Roy Suryo menegaskan dirinya tidak membawa barang-barang negara selepas menjabat Menpora.

Baca Juga:  Demokrat: Kami Minta Jokowi Jujur Pakai Stuntman di Pembukaan Asian Games 2018

“Ketika kami konfirmasi Roy Suryo, beliau bertahan tak membawa inventaris, (tapi) ada permintaan Kemenpora. Ini ada dua pendapat berbeda,” ujar Ferdinand.

Bahkan Ferdinand mengungkapkan, Partai Demokrat telah menggelar rapat khusus yang dihadiri Dewan Kehormatan, Dewan Pembina serta Sekjen PD Hinca Pandjaitan pada Jumat (7/9/2018) kemarin. Dalam rapat tersebut diputuskan, Roy Suryo diberi tenggat waktu satu minggu untuk memberikan penjelasan secara utuh.

“Kami putuskan memerintahkan Roy Suryo selesaikan ini dalam waktu seminggu. Silakan Roy Suryo menempuh cara-cara yang patut (seperti) menemui BPK, Kemenpora untuk melakukan klarifikasi,” ucap Ferdinand.

Baca Juga:  Demokrat: Sandiaga Uno Santri Juga, Kan Ada Pesantren Kilat

“Kalau tidak dibawa pulang silakan nyatakan, Kemenpora juga jangan menuduh. Kalau terbukti bawa pulang, kami perintahkan kembalikan,” tegasnya.

Baca: Pengacara: Justru Kemenpora yang Kirim Barang ke Roy Suryo Pakai Kontainer