Nasional

Polemik 3.226 Barang Milik Negara Berujung Somasi Roy Suryo ke Kemenpora

Roy Suryo
Roy Suryo. (Foto: Antara)

Jurnalindonesia.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo merasa difitnah terkait tuduhan masih menyimpan 3.226 barang milik negara.

Bersama kuasa hukumnya, Tigor Simatupang, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) berencana mengajukan somasi terhadap Kemenpora. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan data-data untuk keperluan somasi.

“Betul (akan somasi). Saya lagi nunggu data. Biar compare datanya. Baru nanti kita somasi,” kata Tigor kepada Viva, Rabu (5/9/2018).

Data yang dimaksud adalah soal inventarisasi barang-barang yang daftarnya diberikan kepada Roy Suryo.

Tigor menegaskan, tuduhan Kemenpora yang menyebut Roy menyimpan ribuan barang milik negara adalah tidak benar. Roy, kata Tigor, sama sekali tak membawa barang-barang milik Kemenpora setelah tidak lagi jadi menteri. Tapi Kemenpora yang justru mengirimkan barang tersebut ke rumah Roy di Jogja pada tahun 2014 lampau.

Baca Juga:  Tak Masuk dalam Daftar 200 Mubalig, Ini Tanggapan Ustaz Abdul Somad

“Kemenpora kirim barang atas inisiatifnya sendiri. Bukan Pak Roy yang nyuruh. Jadi dari Kemenpora kirim ke rumah Pak Roy di Jogja tahun 2014,” kata Tigor.

Ia menjelaskan, satu bulan kemudian Roy baru pulang dari luar negeri. Roy mempertanyakan barang-barang tersebut. Pasalnya, ia sudah mengambil barang miliknya sendiri.

“Ini barang-barang dikembalikan. Lalu ditaruh di gudang Kemenpora,” kata Tigor.

Baca: Pengacara: Justru Kemenpora yang Kirim Barang ke Roy Suryo Pakai Kontainer

Baca Juga:  Dinas Perumahan Tindak Tegas Penghuni Rusun yang Tak Mau Lunasi Biaya Sewa

Tigor pun mengaku heran surat dari Kemenpora yang isinya meminta Roy Suryo mengembalikan barang negara, tak pernah sampai ke kliennya. Padahal surat itu dikirim pada 1 Mei 2018.

“Katanya surat resmi, tapi belum sampai hari ini ke tangan Pak Roy. Itu akal-akalan mereka saja karena diperiksa BPK,” ujar Tigor.

Sebelumnya, Roy Suryo telah membantah tuduhan masih membawa 3.226 aset negara sebagaimana tertulis di srat Kemenpora. Ia menegaskan hal itu sebagai fitnah.

“Terhadap aset BMN (barang milik negara) Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan masih saya bawa? Padahal tidak sama sekali,” kata Roy saat dihubungi, Rabu, 5 September 2018.

Baca Juga:  Klarifikasi Roy Suryo Soal Podium Merah Putih Jokowi: Gak Ada Salahnya kan Saya Bertanya?

Ia menduga hal ini fitnah yang ingin menjatuhkan martabat dan nama baiknya di tahun politik ini.

“Saya duga dengan keras bahwa ini adalah fitnah untuk menjatuhkan martabat dan nama baik saya di tahun politik,” kata Roy.

Baca: Roy Suryo Pernah Mengaku Persoalan Sudah Beres, Ternyata Baru Kursi dan Mesin Cuci yang Dikembalikan