Daerah, DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Sepi Pembeli, OK OCE Mart di Kalibata Tutup

OK OCE Mart di Kalibata
Gerai OK OCE Mart di Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: Ratu Ghea Yusria/detikX)

Jurnalindonesia.co.id – Gerai OK OCE Mart di Kalibata tepatnya yang berada di Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, akan tutup. Penutupan ini lantaran kondisi sepi pembeli, juga karena masa kontrak penyewaan ruko tersebut selesai.

“Infonya besok mau tutup, tapi saya disuruh di sini sampai Sabtu, 1 September 2018,” kata seorang karyawan OK OCE Mart ‘Kalibata’ yang enggan disebutkan namanya, Kamis, 30 Agustus 2018, seperti dikutip Metrotvnews.com.

Meski demikian, belum ada kepastian apakah OK OCE Mart Kalibata itu akan benar-benar ditutup atau cuma pindah lokasi.

“Belum tahu juga, ini besok juga rencananya mau ada packing-packing barang yang masih ada mau diretur,” ungkapnya.

Sebagaimana dilaporkan Medcom.ID, Kamis, 30 Agustus 2018, suasana OK OCE Mart Kalibata kelihatan sepi. Hanya ada seorang karyawan dan tidak tampak pula pengelola yang bertanggung jawab terhadap gerai itu.

Baca: Program OK OCE Akan Dinasionalkan, DPRD DKI: Di Jakarta Saja Gagal

Sejumlah barang berupa makanan dan minuman terlihat masih berjejer, meski tidak dalam jumlah banyak. Selain itu, porsi penempatan barang yang dijual juga dipangkas. Hanya satu dari dua bagian ruangan yang dioperasikan.

Salah seorang karyawan mengungkapkan, OK OCE Mart Kalibata tersebut memang selalu sepi tiap harinya. Hanya ada beberapa pembeli yang sekadar jajan.

“Cuma orang kantoran yang ke sini, pada nyarinya es krim, cemilan, minuman,” ucapnya.

Berbeda dengan OK OCE Warung Modern di Mampang Prapatan. Gerai yang terletak di Jalan Bangka XI, Jakarta Selatan itu meskipun masih terlihat sepi, namun masih lebih baik dibandingkan dengan OK OCE Mart di Kalibata.

“Di sini penjualannya masih baik, meski memang harus bersaing dengan gerai seperti Indomaret dan Alfamart,” kata Akil, Koordinator Pengelola OKE OCE Warung Modern Mampang.

Baca juga: Komisi B DPRD DKI Sebut Pelatihan OK OCE Cuma Cuap-cuap

Akil menjelaskan, salah satu penyebab sepinya OK OCE Mart Kalibata karena memasok barang dari supplier yang harganya terlalu tinggi. Sehingga keuntungan yang didapat kurang. Selain itu juga lokasi yang kurang strategis.

“Di sana (OK OCE Mart Kalibata) penjualannya kurang maju, waktu beli barangnya agak mahal dari suppliernya,” jelasnya.

OK OCE Mart merupakan program relawan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Wakil Gubernur Sandiaga Uno saat masa kampanye. Kepemilikan gerai OK OCE Mart dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang dan menerapkan sistem koperasi.