Daerah, DKI Jakarta

Ditinggal Sandi, Hadiah Umrah dan Liburan Peserta OK OCE Dibebankan ke APBD DKI

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dan mug OK OCE.
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dan mug OK OCE.

Jurnalindonesia.co.id – Hadiah untuk peserta program One Kecamatan One Center for Enterpreneurship (OK OCE) belum kunjung diberikan hingga sang penggagas, Sandiaga Uno, meninggalkan jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Semula, hadiah bagi lima peserta OK OCE yang beruntung bakal dibiayai langsung dari dana pribadi Sandiaga.

“Awalnya kan memang langsung dari uang Bang Sandi. Tapi dengan kondisi sekarang, sudah dianggarkan di APBD,” kata Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE Faransyah Jaya, seperti dikutip CNN Indonesia, Selasa (28/8).

Anies Baswedan dan Sandiaga awalnya menargetkan peserta OK OCE pada 2018 minimal 40 ribu. Namun belum setahun berjalan, jumlahnya sudah menembus target.

Karena itu Sandi mengumumkan akan memberi hadiah bagi lima peserta OK OCE yang beruntung.

Pendaftar ke-40.000 akan mendapat hadiah perjalanan umrah. Lalu peserta nomor 39.999 dan 40.001 akan dibiayai jalan-jalan ke Bangkok, Thailand. Adapun peserta nomor 39.998 dan 40.002 akan dihadiahi kesempatan pelesiran ke Bali.

Faransyah menyebut lima orang tersebut akan diberangkatkan lewat paket perjalanan.

“Kalau travel itu yang ditanggung hotel, tiket, sama konsumsi, standar travel. Di sana rencananya akan kunjungi tempat-tempat UKM juga, kecuali yang umrah ya ibadah,” lanjutnya.

Baca juga: DPR: Sandiaga Tinggalkan Program yang Mangkrak yang Digagas Sendiri di DKI

Faransyah menyampaikan belum menghitung rinci terkait biaya hadiah tersebut. Namun ia menyebut harganya sama dengan standar harga paket perjalanan secara umum.

Untuk biaya perjalanan umrah, telah diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah. Biaya standar umrah dipatok sekitar Rp20 juta.

Lalu untuk hadiah paket perjalanan ke Bali dan Bangkok, Faransyah belum menghitung rinci. Namun ia mengatakan harga standar paket perjalanan di pasaran.

Berdasarkan penelusuran, harga paket perjalanan 3 hari 2 malam ke Bali berkisar di angka Rp2,7 juta. Perjalanan sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi dari Jakarta dan akomodasi hotel bintang tiga.

Sementara untuk perjalanan ke Bangkok berkisar di angka Rp3 juta. Sudah termasuk pesawat dari Jakarta dan akomodasi hotel.

Bila ditaksir, beban APBD sekitar Rp31,4 juta untuk hadiah lima peserta OK OCE yang semula dijanjikan dari kantong Sandiaga.

“Tahun ini diberangkatkan, yang umrah kan menunggu habis musim haji. Tapi ternyata kejadian semua mendadak, kita belum menyiapkan. Nanti pemenang kita hubungi, cek datanya, baru berikan ke Pemprov lewat biro perekonomian,” ucap Faransyah.

Baca: Program OK OCE Akan Dinasionalkan, DPRD DKI: Di Jakarta Saja Gagal

CNN INDONESIA